Afnibas, Yusfiq Candra Afnibas (2024) Implementasi metode kisah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam elemen Qur’an Hadist untuk meningkatkan sikap Thawasut Wal I’tidal: Penelitian di Kelas Paket C SKB Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara teori dan praktik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam elemen Qur'an Hadist di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Paket C. Di satu sisi, SKB telah menerapkan kurikulum merdeka dan menggunakan Metode Kisah dalam pembelajaran dan penilaiannya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menumbuhkan sikap moderat (Thawasut Wal I'tidal) pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) implementasi metode kisah dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist untuk meningkatkan sikap Thawasut Wal I'tidal di SKB paket C, 2) pengaruh metode kisah dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist terhadap sikap Thawasut di SKB paket C, 3) pengaruh metode kisah dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist terhadap sikap I'tidal di SKB paket, 4) faktor penyebab siswa kurang memiliki sikap Thawasut Wal I'tidal. Kerangka pemikiran penelitian ini menggunakan teori sebagai berikut: Grand Theory menggunakan Qur’an Hadits. Midle Theory menggunakan teori Metode Kisah dan Applied Theory menggunakan teori Thawasut Wal I'tidal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian gabungan (Mixed Method) dengan jenis sequential mixed method (penelitian gabungan bertahap) tepatnya Mixed Method dengan desain Sequential Exploratory (eksploratoris sekuensial). Pada tahap awal penelitian ini peneliti melakukan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data kualitatif mengenai implementasi Metode Kisah pada pembelajaran Qur’an Hadist untuk meningkatkan sikap Thawasut Wal I’tidal. Sedangkan tahap kedua dilakukan pendekatan kuantitatif memperoleh data pengaruh pembelajaran Metode Kisah untuk meningkatkan Sikap Thawasut Wal I’tidal. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode kisah dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist di SKB Paket C Kota Bandung efektif meningkatkan sikap Thawasut Wal I'tidal siswa; 2) Berdasarkan hasil pengolahan data angket tentang sikap moderat secara interaksi siswa kelas Paket C di SKB Kota Bandung, dapat disimpulkan bahwa siswa umumnya menunjukkan tingkat moderat yang baik dalam berbagai aspek; 3) Hasil pengolahan data angket menunjukkan bahwa siswa di SKB Paket C Kota Bandung memiliki potensi yang baik untuk menjadi individu yang komunikatif, kolaboratif, dan toleran; 4) Kurangnya sikap moderat pada siswa disebabkan oleh interaksi kompleks antara faktor internal dan eksternal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan agama islam; metode kisah; thawasut wal i'tidal |
Subjects: | Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yusfiq Candra Afnibas |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:46 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94013 |
Actions (login required)
View Item |