Fitriani, Fitriani (2024) Pengaruh Cognitive Style dan model Project Based Learning terhadap kreativitas belajar Fikih siswa: Penelitian di MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
Abstract
MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung telah merealisasikan pencapaian kreativitas siswa melalui pembelajaran, seperti pemberian kebebasan dalam pembuatan tugas berdasarkan potensi yang dimiliki atau memberi keleluasaan siswa membuat aneka karya untuk dipasarkan pada kegiatan Market Day. Namun, kegiatan-kegiatan tersebut kurang memberi stimulus dalam membangun kreativitas siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membahas: 1) Cognitive style siswa MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung, 2) Proses pembelajaran fikih berbasis model PjBL di MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung, 3) Kreativitas belajar fikih siswa MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung, 4) Pengaruh cognitive style terhadap kreativitas belajar fikih siswa MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung, 5) Pengaruh model PjBL terhadap kreativitas belajar fikih siswa MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung, 6) Pengaruh cognitive style dan model PjBL terhadap kreativitas belajar fikih siswa di MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori cognitive style yang merupakan cara unik siswa dalam menerima dan membangun informasi, yang dapat ditunjang melalui model PjBL. Model PjBL ialah sebuah model yang dapat mempengaruhi kreativitas siswa. Indikator kreativitas dalam hal ini menggunakan teori Guilford (1968) meliputi kreatif berdasarkan kognitif (aptitude) dan kreatif berdasarkan afektif (non-aptitude). Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh cognitive style dan model PjBL terhadap kreativitas belajar fikih siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif, dengan metode Pre-Eksperimental Design The One Shot Case Study. Teknik pengumpulan data melalui Group Embedded Figure Test (GEFT), angket model project based learning, angket kreativitas belajar fikih siswa, dan observasi. Cara pengambilan sampelnya menggunakan Simple Random Sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X.3 MAN 1 Kabupaten Bandung dan Kelas X.K MAN 2 Kota Bandung. Adapun teknik analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Cognitive style siswa MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung ialah jenis field dependent (FD). 2) Proses pembelajaran fikih berbasis model PjBL di MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung terlaksana dengan sangat baik dan baik, dengan skor rata-ratanya ialah 4,26 dan 3,93. 3) Nilai rata-rata kreativitas belajar fikih siswa ialah 78,28 dan 77,78. Nilai tersebut menunjukkan bahwa kreativitas belajar fikih siswa MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung melalui penerapan model PjBL dengan cognitive style-FD masuk pada kategori kreatif. 4) Cognitive style tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar fikih. 5) Model PjBL memberi pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar fikih. 6) Cognitive style dan model PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar fikih siswa MAN 1 Kabupaten Bandung dan MAN 2 Kota Bandung, dengan tingkat pengaruhnya sebesar 0,535 dan 0,436 atau sebesar 53,5% dan 43,6%. Berdasarkan hasil temuan, maka penelitian ini merekomendasikan guru PAI untuk menerapkan model PjBL dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa yang memiliki cognitive style-FD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cognitive Style; Kreativitas; Model Project Based Learning |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fitriani Fitriani |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:44 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94031 |
Actions (login required)
View Item |