Penerapan media pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

EL-Zainie, Aulia Geger Jagat (2024) Penerapan media pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (8).pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran digital adalah segala media pembelajaran dengan teknologi terbaru yang dapat dimanfaatkan siswa dalam mempelajari suatu hal terkait pelajaran. Pada saat siswa kesulitan dalam mempelajari sesuatu hal terkait pembelajaran karena hanya menggunakan buku, maka media pembelajaran digital mampu memberikan lebih banyak informasi yang siswa butuhkan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan media pembelajaran berbasis digital di SMP Negeri 2 Cianjur untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis digital di kelas IX SMP Negeri 2 Cianjur. 2) Untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan media pembelajaran digital siswa di kelas IX SMP Negeri 2 Cianjur. 3) Untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran digital siswa di kelas IX SMP Negeri 2 Cianjur. Penelitian ini mengacu kepada kajian teoritik bahwa terdapat peningkatan Variabel X terhadap Variabel Y1 dan Y2. Menurut teori yang mendasari penelitian ini, penggunaan media pembelajaran digital dapat memberikan kemampuan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan, sikap dan kebiasaan baru melalui interaktivitas digital, keterlibatan konstuktif dan umpan balik retensi informasi, yang berpotensi meningkatkan motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar(Y2). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kuantitatif, dan metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan Non Equivalent Control Croup design. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, tes, metode angket, dan studi kepustakaan. Adapun anlisis datanya menggunakan statististik deskriptif, uji normalitas data, uji homogenitas, uji gain, uji paired-Test, dan uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan media pembelajaran berbasis digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas 9 dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapannya. 2) Berdasarkan analisis statistik Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -4,820b dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana lebih kecil dari nilai sig 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah hipotesis diterima, sehingga kesimpulannya adalah “terdapat peningkatan secara signifikan sebelum penggunaan media pembelajaran berbasis digital dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbasis digital terhadap motivasi belajar; 3) Berdasarkan analisis statistik Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -4,710b dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana lebih kecil dari nilai sig 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah hipotesis diterima, sehingga kesimpulannya adalah “terdapat peningkatan secara signifikan sebelum penggunaan media pembelajaran berbasis digital dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbasis digital”. Dengan demikian, penerapan media pembelajaran berbasis digital dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; media pembelajaran digital; quashi expriment; Wilcoxon Signed Rank Test
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Geger Jagat EL-Zainie
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:59
Last Modified: 26 Aug 2024 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94085

Actions (login required)

View Item View Item