Oktapiyani, Ovi (2024) Pengembangan PowerPoint interaktif berbasis model 7E Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (43MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran di sekolah khususnya bidang sains pada saat ini kurang popular di mata peserta didik. Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran dapat menjadi salah satu penyebab hasil belajar peserta didik cenderung kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran PowerPoint, efektivitas keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar peserta didik menerapkan PowerPoint interaktif berbasis model 7E learning cycle pada materi Gelombang Bunyi di kelas XI IPA 5 SMAN 1 Dayeuhkolot dengan jumlah peserta didik 40 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian R&D dan model pengembangan ADDIE serta desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukan kelayakan PowerPoint yang divalidasi oleh tiga validator menggunakan uji Gregory memperoleh nilai koefisien validator sebesar 1,00 yang berarti PowerPoint sangat layak digunakan, efektivitas keterlaksanaan pembelajaran melalui penilaian AABTLT with SAS memperoleh rata-rata persentase efektivitas keterlaksanaan sebesar 84,3% dengan interpretasi efektif. Peningkatan hasil belajar kognitif memperoleh nilai N-Gain 0,94 dengan kategori tinggi. Perolehan nilai hasil belajar afektif mengalami peningkatan dalam setiap pertemuan, nilai rerata yang diperoleh yaitu 85,6 dengan interpretasi sangat baik. Hasil belajar aspek psikomotorik tidak mengalami peningkatan yang signifikan, nilai rerata yang diperoleh yaitu 75 dengan interpretasi baik. Analisis uji hipotesis dengan statistik non parametrik menghasilkan signifikansi 0,000 yang berarti Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PowerPoint; 7E Learning Cycle; Hasil Belajar; Gelombang Bunyi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ovi Ovi Oktapiyani |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 00:53 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 00:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94138 |
Actions (login required)
View Item |