Penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis program aplikasi Beesmart dalam membangun sikap jujur siswa: Penelitian quasi eksperimen pada siswa MIN 7 Tapanuli Tengah

Nasution, Ahmad Jailani (2024) Penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis program aplikasi Beesmart dalam membangun sikap jujur siswa: Penelitian quasi eksperimen pada siswa MIN 7 Tapanuli Tengah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor pentingnya membangun sikap jujur siswa dalam evaluasi pembelajaran, agar siswa lulusan madrasah menjadi insan yang berintegritas dan unggul. Kemudian untuk menjawab kemajuan teknologi sekarang ini, kita harus memanfaatkan untuk kemajuan pendidikan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan evaluasi pembelajaran PAI dan Penerapan program aplikasi Beesmart terhadap evaluasi pembelajaran PAI pada Siswa MIN 7 Tapanuli Tengah, menganalisis sikap jujur siswa dalam konteks evaluasi pembelajaran PAI dan signifikansi hubungan antara sikap jujur siswa dan evaluasi pembelajaran PAI berbasis program aplikasi Beesmart. Kerangka berpikir penelitian ini menyoroti pentingnya evaluasi pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan, dengan menggunakan aplikasi Beesmart yang efisien dan efektif. Evaluasi ini membantu mengatasi masalah menyontek di MIN 7 Tapanuli Tengah dan membangun sikap jujur siswa. Kejujuran dalam perkataan, niat, kemauan, janji, dan perbuatan sangat penting menurut Imam Al-Ghazali, serta didukung oleh teori dari Kant, Kohlberg, dan Dweck. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pre-test and post-test control group. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IVA dan IVB MIN 7 Tapanuli Tengah yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian meliputi observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh penerapan program aplikasi beesmart terhadap evaluasi pembelajaran PAI pada siswa sangat baik berdasarkan mean hasil output SPSS 26. Sikap jujur siswa pada kelas eksperimen pada konteks evaluasi pembelajaran PAI sangat baik dibanding dengan kelas kontrol berdasarkan hasil sebaran angket. Respon siswa terhadap penggunaan aplikasi beesmart memberikan dampak positif dalam evaluasi pembelajaran PAI, terutama dalam meningkatkan efektivitas penilaian dan mendukung pengembangan karakter siswa yang jujur. Penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis aplikasi Beesmart meningkatkan sikap jujur siswa pada kelas eksperimen berdasarkan output paired sample test (sig) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis aplikasi Beesmart meningkatkan sikap jujur siswa pada kelas eksperimen secara signifikan. Rekomendasi untuk pelaksanaan program aplikasi beesmart berpedoman pada buku pintar instalasi dan penggunaan program dalam evaluasi pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aplikiasi Beesmart; Evaluasi; Sikap Jujur Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Jailani Nasution
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:36
Last Modified: 28 Aug 2024 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94184

Actions (login required)

View Item View Item