Metode pengajaran qiraát Imam Nafi' riwayat Qolun dan Warsy di Pondok Pesantren Dar Al-Qur'an Kebon Baru Arjawinangun

Ashshiddiqie, Rifan Ifkar (2024) Metode pengajaran qiraát Imam Nafi' riwayat Qolun dan Warsy di Pondok Pesantren Dar Al-Qur'an Kebon Baru Arjawinangun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Di satu sisi, pengajaran qiraát di lembaga pondok pesantren memiliki berbagai metode pengajaran qiraát. Sedangkan di sisi lain, pengajaran qira’at yang dipelajari di pondok pesantren Dar Al-Qur’an Kebon baru memiliki ciri khas metode tersendiri yang baru dikembangkan oleh pengajar qiraát di pondok pesantren tersebut. Maka muncul pertanyaan, bagaimana metode pengajaran qira’at Imam Nafi’ riwayat Qolun dan Wasry di pondok pesantren Dar Al-Qur’an Kebon baru. Oleh karenanya, penulis akan meneliti lebih lanjut dalam judul “Metode Pengajaran Qira’at Imam Nafi’ Riwayat Qolun dan Warsy di Pondok Pesantren Dar Al-Qur’an Kebon Baru Arjawinangun.” Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam Metode Pengajaran Qira’at Imam Naf’i riwayat Qolun dan Warsy di pondok pesantren Dar Al-Qur’an Kebon baru Arjawinangun. Penelitian ini berangkat dari hasil sebuah pemikiran, bahwa terdapat beberapa kesamaan antara pengajaran qira’at dengan pengajaran Al-Qur’an itu sendiri walau tidak semua metode pada pengajaran Al-Qur’an bisa diterapkan pada pengajaran qira’at. Terlebih lagi pada pengajaran qira’at itu sendiri terdapat metode pembacaan qira’at yang berbeda-beda pula. Sehingga pada pengajaran qira’at tertentu memiliki metode pengajaran dan pembacaan qira’at yang berbeda terutama dengan banyaknya qira’at beserta dengan riwayat-riwayatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan sumber data yang didapatkan dari temuan lapangan. Teknik pengumpulan dan analisa data yang mengacu pada temuan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Pengajaran Qira’at Imam Nafi’ riwayat Qolun Dan Warsy di Pondok Pesantren Dar Al-Qur’an Kebon Baru Arjawinangun adalah menggunakan metode Musyafahah sehingga seorang murid membaca dihadapan guru dan guru hanya menyimak serta mengoreksi mana bacaan yang benar dan salah. Serta pada pembacaan setiap qira’at terutama pada qira’at Nafi’ pengajar menggunakan metode pembacaan dengan bil ifrad atau mufradat. Sehingga pada prakteknya para santri hanya mempelajari satu qira’at beserta satu riwayatnya hingga selesai yang kemudian baru dilanjutkan pada periwayatan lainnya. Dalam mengajarkan qira’at imam Nafi’ riwayat Qolun dan Warsy pengajar menggunakan buku Panduan Al-Qur’an Al-Qira’ah yang merupakan buku hasil karangan pengajar qira’at di pondok pesantren Dar Al-Qur’an Kebon baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengajaran qira’at; riwayat Qolun; riwayat Warsy; metode; praktek; buku Panduan Al-Qur’an Al-Qira’ah
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Rifan Ifkar Ashshiddiqie
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:00
Last Modified: 28 Aug 2024 08:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94202

Actions (login required)

View Item View Item