Pengaruh penerapan media power point terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMAN 1 Cilimus Kuningan

Farhani, Ilham Nur El (2024) Pengaruh penerapan media power point terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMAN 1 Cilimus Kuningan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)

Abstract

Media pembelajaran yang umum digunakan dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Cilimus Kuningan adalah buku dan papan tulis. Namun, seiring perkembangan teknologi, peserta didik mulai merasa bosan dengan media tersebut dan lebih terbiasa dengan teknologi digital. Oleh karena itu, peneliti membandingkan media proyektor Power point dengan media non projektor untuk menentukan mana yang lebih efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) penerapan media power point pada pembelajaran PAI terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas XI SMAN 1 Cilimus, 2) pengaruh penerapan media power point terhadap aktivitas belajar siswa pada kelas XI SMAN 1 Cilimus 3) Pengaruh penerapan media power point terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI SMAN 1 Cilimus 4) perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran PAI di kelas XI SMAN 1 Cilimus. Penelitian ini didasarkan pada anggapan bahwa PowerPoint, sebagai media praktis dan menarik dengan kemampuan menampilkan gambar, animasi, suara, dan video, dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan Power point dalam pembelajaran PAI untuk melihat pengaruhnya terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen, dengan jenis metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI di SMAN 1 Cilimus Kuningan. Sampel yang digunakannya kelas XI 08 sebagai kelas eksperimen dan XI 09 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media Power point dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMAN 1 Cilimus dilakukan dengan baik sesuai rencana; 2) Media Power point secara signifikan meningkatkan keaktifan siswa, dengan 13 dari 36 siswa menunjukkan tingkat aktivitas sedang, sementara kelas kontrol semuanya rendah; 3) Media Power point juga meningkatkan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 63,67 menjadi 77,06 (selisih 13,39), dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya meningkat dari 58,82 menjadi 61,39 (selisih 2,57); 4) Secara keseluruhan, aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen jauh lebih baik dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Power Point; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Farhani; Ilham Nur El Farhani; Pembelajaran PAI;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilham Nur El Farhani
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:09
Last Modified: 28 Aug 2024 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94230

Actions (login required)

View Item View Item