Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dengan Return On Assets (ROA) sebagai variabel mediasi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2023

Lestari, Putri Sri (2024) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dengan Return On Assets (ROA) sebagai variabel mediasi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2023. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan investor yang dapat ber-investasi sesuai syariah. Kemudian hadir JII sebagai pemandu bagi investor yang ingin menamkan modalnya secara syariah. Beberapa saham JII juga termasuk dalam indeks LQ45, yang berisi saham dengan likuiditas tertinggi di BEI. Adapun sebelum melakukan investai seorang investor perlu mengumpulkan informasi perusahaan melalui kinjera keuangan perusahaan yang dapat diteliti melalu analisis laporan keuangan. Peneliti menggunakan analisis rasio keuangan dengan menggunakan Current Ratio (CR) dan Debt to Assets Ratio (DAR) sebagai variabel bebas, Dividend Payout Ratio (DPR) sebagai variabel terikat, serta Return On Assets (ROA) sebagai varibel mediasi. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menghubungkan teori dengan variabel penelitian yaitu Current Ratio (CR), Debt to Assets Ratio (DAR), Return On Assets (ROA), dan Dividend Payout Ratio (DPR). CR mengukur likuiditas perusahaan, yang dapat mempengaruhi kemampuan membayar dividen. DAR mengukur beban utang perusahaan, dengan DAR tinggi cenderung menurunkan kemampuan membayar dividen karena beban utang besar. ROA mengukur efisiensi perusahaan dalam menghasilkan laba dari aset, yang memengaruhi kemampuan membayar dividen. Penelitian ini menunjukkan bahwa CR tinggi dan DAR rendah meningkatkan ROA dan DPR, sementara DAR tinggi menurunkan ROA dan DPR. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) untuk menguji hubungan langsung dan tidak langsung antara CR dan DAR terhadap DPR melalui ROA. Kemudian data yang digunkan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. Sebaliknya, Debt to Assets Ratio dan Return On Assets secara parisal berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. Adapun pengaruh tidak langsung Current Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), baik secara langsung maupun melalui Return On Assets (ROA). Sebaliknya, Debt to Assets Ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap DPR melalui ROA, menunjukkan bahwa struktur hutang perusahaan mempengaruhi profitabilitas dan, pada akhirnya, kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Assets Ratio; Dividend Payout Ratio; Return On Assets
Subjects: Econmics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Administration of Economy
Business > Statistic of Business
Business > Data Processing and Analysis of Business
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Putri Sri Lestari
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:16
Last Modified: 30 Aug 2024 03:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94443

Actions (login required)

View Item View Item