Kristi, Kristi (2024) Pengembangan UKBM berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (446kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik menjadi fokus utama permasalahan pada penelitian ini. Pengembangan UKBM berbasis problem based learning menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan UKBM berbasis problem based learning, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media UKBM berbasis problem based learning, (3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan media UKBM berbasis problem based learning. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan mix method dengan metode Reseacrh and Development (R&D), model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel yang digunakan sebanyak 48 peserta didik kelas XI Fisika 2. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu perhitungan persentase kelayakan dari hasil validasi media, perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran dari AABTLT with SAS, serta perhitungan peningkatan hasil belajar kognitif dengan N-gain dan uji hipotesis (Wilcoxon Sign-Rank Test) pada lembar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa (1) media pembelajaran UKBM berbasis problem based learning mendapat persentase 88% dikategorikan sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi usaha dan energi, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan UKBM berbasis problem based learning memperoleh persentase sebesar 98,1% dengan interpretasi sangat efektif, dan (3) Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan UKBM berbasis problem based learning pada materi usaha dan energi dengan nilai N-gain sebesar 0,71 dengan interpretasi tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan setelah menggunakan media UKBM berbasis problem based learning pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran UKBM; Model Problem Based Learning; Hasil Belajar Kognitif; Usaha dan Energi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Physics Physics > Research and Statistical Methods of Physics Physics > Physicists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | kristi kristi |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 08:04 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 08:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95013 |
Actions (login required)
View Item |