Pengunaan teknologi Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan pemahaman dan pengucapan kosa kata bahasa Arab pada aiswa Madrasah Aliyah: Studi quasi eksperimen di Madrasah Aliyah YUPI Cianjur

Behesyti, Silmy Hasya (2024) Pengunaan teknologi Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan pemahaman dan pengucapan kosa kata bahasa Arab pada aiswa Madrasah Aliyah: Studi quasi eksperimen di Madrasah Aliyah YUPI Cianjur. Masters thesis, UIN Sunang Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab Iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, di mana siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengucapkan kosa kata karena banyaknya kosa kata dan perubahan bentuknya, sehingga bahasa tersebut terlihat rumit dan membosankan. Sebagai solusi untuk tantangan ini, augmented reality (AR) dapat digunakan untuk membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan kosa kata siswa secara lebih efektif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap kosa kata bahasa Arab, pengucapan kosa kata oleh siswa, dan meningkatkan penggunaan teknologi augmented reality dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa teknologi augmented reality menggabungkan dunia virtual dan nyata. Pemahaman kosa kata bahasa Arab adalah kemampuan untuk memahami, sedangkan pengucapan kosa kata adalah kemampuan untuk menghasilkan suara dan intonasi dengan benar sesuai dengan aturan fonetik. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman kosa kata bahasa Arab sebelum menggunakan augmented reality di kelas eksperimen untuk siswa kelas sepuluh B dengan nilai rata rata 66 menunjukkan tingkat cukup, dan di kelas kontrol siswa kelas sepuluh A dengan nilai rata-rata 63 menunjukkan tingkat cukup. Setelah menggunakan augmented reality, pemahaman kosa kata bahasa Arab di kelas eksperimen untuk siswa kelas sepuluh B dengan nilai rata-rata 83 menunjukkan tingkat sangat baik, dan di kelas kontrol siswa kelas sepuluh A dengan nilai rata-rata 74 menunjukkan tingkat baik. Pengucapan kosa kata bahasa Arab sebelum menggunakan augmented reality di kelas eksperimen untuk siswa kelas sepuluh B dengan nilai rata-rata 75 menunjukkan tingkat baik, dan di kelas kontrol siswa kelas sepuluh A dengan nilai rata-rata 69 menunjukkan tingkat cukup. Setelah menggunakan augmented reality, pengucapan kosa kata bahasa Arab di kelas eksperimen untuk siswa kelas sepuluh B dengan nilai rata-rata 89 menunjukkan tingkat sangat baik, dan di kelas kontrol siswa kelas sepuluh A dengan nilai rata-rata 77 menunjukkan tingkat baik. Proses penggunaan teknologi augmented reality dalam memahami dan mengucapkan kosa kata bahasa Arab di sekolah menengah Islam YUPI Cianjur adalah sebagai berikut: peneliti mengajarkan kosa kata dengan topik "hobi", siswa diberikan kosa kata secara kelompok dan melakukan pre-test. Keesokan harinya, siswa mencoba menggunakan augmented reality, kemudian membuka aplikasi augmented reality dan mencocokkan ponsel dengan gambar, mendengarkan penjelasan yang keluar dari aplikasi tersebut. Keesokan harinya, peneliti melakukan evaluasi, dan siswa melakukan post-test serta tes pengucapan satu per satu. Peneliti kemudian menganalisis penggunaan augmented reality dalam memahami dan mengucapkan kosa kata bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality; Pemahaman kosa kata; Pengucapan kosa kata
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Silmy Hasya Behesyti
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:48
Last Modified: 02 Sep 2024 07:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95116

Actions (login required)

View Item View Item