Penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle berbantuan aplikasi desmos untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Efficacy peserta didik

Nasution, Nurul Ashri Uswatun Lutfiah (2024) Penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle berbantuan aplikasi desmos untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Efficacy peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
8_bab5.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa masih perlu ditingkatkan kembali kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran inside-outside circle berbantuan aplikasi desmos, (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (c) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (d) Perbedaan peningkatan self efficacy peserta didik, (e) Hambatan dan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis. Populasi diambil dari seluruh peserta didik kelas VIII pada SMPN 3 Rancaekek, menggunakan kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Hasil penelitian: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika berada pada kategori baik, (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan inside-outside circle berbantuan aplikasi desmos lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, (c) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen sama baiknya dengan peserta didik kelas kontrol berdasarkan selisih nilai rata-rata posttest, (d) Tidak terdapat perbedaan peningkatan self efficacy peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol, (e) Hambatan dan kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal adalah belum menguasai materi prasyarat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inside-Outside Circle; Desmos; Komunikasi Matematis; Self Efficacy
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Mathematicians
Algebra > Algebra Combined with Other Brances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Ashri Uswatun Lutfiah Nasution
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:07
Last Modified: 02 Sep 2024 08:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95236

Actions (login required)

View Item View Item