Nur'aini, Schatzi Aprilluna (2024) Tanggapan siswa terhadap perhatian guru hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI-BP: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di dalam kelas yang kurang efektif. Hal ini disebabkan oleh banyaknya siswa yang kurang mendapatkan perhatian dari gurunya, sehingga peserta didik tidak memperhatikan guru di saat guru menjelaskan dalam proses kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Tak jarang, ada peserta didik yang keluar kelas dan tidak mengikuti pembelajaran. Masih banyak juga siswa yang ribut saat pembelajaran berlangsung seperti mengobrol dengan suara yang keras dan tidak mengerjakan saat diberi tugas. Kurangnya kerja sama antara guru dengan siswa, serta siswa dengan siswa sehingga pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap perhatian guru di kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung 2) Motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI-BP di SMPN 1 Cileunyi 3) hubungan antara tanggapan siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi terhadap perhatian guru dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI-BP. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan siswa terhadap perhatian guru berhubungan dengan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah perhatian yang diberikan oleh guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa yang merasa dihargai dan diperhatikan cenderung lebih termotivasi untuk belajar dan mencapai prestasi akademis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Observasi, angket, wawancara dan studi pustaka yang menjadi alat pengumpulan data. Teknik analis data menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji validitas dan reliabilitas, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi terhadap perhatian guru, menunjukkan keseluruhan jawaban 37 sampel pada variabel X sebesar 82% dengan skala interval 4,09 yaitu positif. 2) Motivasi belajar PAI-BP, menunjukkan keseluruhan jawaban 37 sampel pada variabel Y sebesar 80% dengan skala interval = 4,01 yaitu tinggi. 3) Terdapat hubungan positif yang kuat serta signifikan antara tanggapan siswa terhadap perhatian guru dengan motivasi belajar PAI-BP siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi masing-masing variabel penelitian ini adalah 0,000 < 0,05 dengan derajat hubungan (pearson correlation) dari dua variabel penelitian ini sebesar 0,649, maka dapat dikatakan memiliki korelasi yang kuat dan memiliki bentuk hubungan positif. Adapun pada hasil uji T didapatkan 0,000 < 0,05 dan uji F yaitu 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian, tanggapan siswa terhadap perhatian guru berhubungan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP di kelas VIII SMPN 1 Cileunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan Siswa; Perhatian Guru; Motivasi Belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Schatzi Aprilluna Nur'aini |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:55 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95387 |
Actions (login required)
View Item |