Hubungan sikap qana'ah dengan kesejahteraan psikologis (Well-bBeing) pada generasi Z: Studi korelasional pada mahasiswa angkatan 2021 Tasawuf dan Psikoterapi UIN sunan gunung djati Bandung

Samsiah, Nur (2024) Hubungan sikap qana'ah dengan kesejahteraan psikologis (Well-bBeing) pada generasi Z: Studi korelasional pada mahasiswa angkatan 2021 Tasawuf dan Psikoterapi UIN sunan gunung djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehidupan Generasi z yang bertumbuh bersama pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Perkembangan ini sering kali tidak disertai dengan kontrol yang baik, sehingga berdampak buruk terhadap kesejahteraan psikologis mereka. Masalah psikologis ini kerap timbul karena individu tidak mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tekanan yang disebabkan oleh perubahan zaman yang begitu cepat. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk melindungi diri dari masalah psikologis dengan mengembangkan sikap qana’ah. Sikap qana’ah memungkinkan individu untuk menerima segala ketetapan dari Allah, bahkan jika ketetapan tersebut tidak disukai. Dengan sikap qana’ah, individu tidak mudah mengalami stres karena mampu menerima keadaan apapun dan lebih mudah menghindari tekanan dari tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap qana’ah pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021, untuk mengetahui Gambaran kesejahteraan psikologis (well-being) mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021, dan mengetahui hubungan antara sikap qana’ah dengan kesejahteraan psikologis mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitaif menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional, dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021 yang berjumlah 57 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa, dan analisis data dilakukan dengan uji korelasi untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara sikap qana’ah dengan kesejahteraan psikologis. Menurut Hamka, qana’ah mencakup lima sikap mental yaitu: menerima dengan suka rela apa yang dimiliki, memohon kepada Allah atas rezeki yang pantas dan tetap berusaha, menerima dengan sabar akan ketentuan Allah, bertawakal kepada Allah, serta tidak tertarik oleh tipu daya dunia. Sedangakan kesejahteraan psikologis menurut Ryff mencakup enam dimensi utama yaitu: penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, serta pertumbuhan psribadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan psikologis mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2021 berada pada kategori sedang. Sikap qana’ah mahasiswa juga berada pada tingkat sedang. Hubungan antara sikap qana’ah dan kesejahteraan psikologis bersifat positif, artinya semakin tinggi sikap qana’ah, semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Qana'ah; Kesejahteraan Psikologis (Well-being); Generasi Z
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Samsiah Nur
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:35
Last Modified: 03 Sep 2024 02:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95451

Actions (login required)

View Item View Item