Yesi, Yesi (2024) Penerapan model kooperatif tipe Quick on The Draw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (375kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI, peneliti menggunakan model kooperatif tipe Quick on The Draw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe Quick on The Draw pada mata pelajaran PAI. 2) Motivasi belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung pada mata pelajaran PAI. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model kooperatif tipe Quick on The Draw pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Melalui model kooperatif tipe Quick on The Draw yaitu dengan cara siswa bekerjasama dalam kelompok kecil untuk menjawab set kartu pertanyaan yang berpacuan pada sumber ajar mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun hipotesis pada penelitian ini adalah: “terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan setelah penerapan model kooperatif tipe Quick on The Draw pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPS 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui: uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan penerapan model kooperatif tipe Quick on The Draw dalam dua kali pertemuan termasuk pada kategori “Sangat Baik” pada pertemuan pertama diperoleh hasil persentase sebesar 88,9% dan pada pertemuan kedua yaitu 100%. 2) Hasil motivasi belajar setelah penerapan model kooperatif tipe Quick on The Draw diperoleh skor rata-rata 88 dan sebelum penerapan sebesar 75. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa. 3) Hasil analisis N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol yakni sebesar 0,21 dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis nilai Sig.(2 tailed) diperoleh sebesar 0,019 < 0,05, maka hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan setelah penerapan model kooperatif tipe Quick on The Draw pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan; Quick on The Draw; motivasi belajar siswa |
Subjects: | Psychology Education Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yesi Yesi |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:52 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95457 |
Actions (login required)
View Item |