Pengaruh motivasi belajar terhadap academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengambil skripsi

Mustafidah, Idah (2024) Pengaruh motivasi belajar terhadap academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengambil skripsi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFGTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BBA I)
4_bab1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan analisis dalam mengevaluasi, menganalisis, dan menyimpulkan masalah yang diteliti. Puspitaningrum (2018) mengungkapkan bahwa mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir cenderung mengalami perasaan tegang, khawatir, stres, jenuh, rendah diri, dan kehilangan motivasi. Mereka rentan mengalami academic burnout, yang didefinisikan oleh Schaufeli dkk. (2002) sebagai perasaan kelelahan yang disebabkan oleh tuntutan studi, sikap sinis terhadap tugas akademik, dan perasaan tidak kompeten sebagai mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengambil skripsi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan uji analisis regresi linear sederhana. Subjek penelitian ini sebanyak 168 mahasiswa Prodi Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung berusia 20-25 tahun yang sedang mengambil skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh negatif sebesar 12.2% antara motivasi belajar terhadap academic burnout pada mahasiswa Prodi Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang mengambil skripsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Kelelahan Akademik
Subjects: Psychology
Psychology > Miscellany of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Idah Mustafidah
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:13
Last Modified: 04 Sep 2024 02:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95601

Actions (login required)

View Item View Item