Prinsip bisnis dalam Al-Quran sebagai penguat solidaritas sosial : Kajian tafsir Maudhu'i

Saidah, Indah Siti (2024) Prinsip bisnis dalam Al-Quran sebagai penguat solidaritas sosial : Kajian tafsir Maudhu'i. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Terdapat kesenjangan antara penjelasan prinsip bisnis dalam Al-Qur’an yang dapat menguatkan solidaritas sosial dengan kurangnya kesadaran entrepreneur akan solidaritas sosial yang menganggap keuntungan materi sebagai segalanya dan moralitas tidak ada hubungannya dengan bisnis. Tujuan penelitian ini, pertama untuk mengetahui prinsip bisnis dalam Al-Qur’an. Kedua, untuk mengetahui prinsip bisnis dalam Al-Qur’an sebagai penguat solidaritas sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian studi pustaka, teknik pengumpulan data berupa dokumen, teknik analilis data menggunakan cara kerja dari tafsir maudhu’i untuk mengetahui prinsip bisnis dalam Al-Qur’an serta menggunakan content analysis untuk mendapatkan relevansi prinsip bisnis dalam Al-Qur’an dapat menguatkan solidaritas sosial. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah bisnis dalam Al-Qur’an terbagi ke dalam 4 term, tijarah disebutkan sebanyak 8 kali, bai’u disebutkan sebanyak 11 kali, isytara disebutkan sebanyak 23 kali dan tadayantum disebutkan sebanyak 1 kali. Dari ke 4 term tersebut prinsip bisnis dalam Al-Qur’an meliputi enam unsur yang sangat penting yaitu larangan melakukan riba (Surah al-Baqarah: 275), anjuran melakukan pencatatan (akuntansi) dan menghadirkan saksi (Surah al-Baqarah: 282), larangan memakan harta yang bathil (Surah an-Nisa: 29), keempat kewajiban menunaikan zakat (Surah an-Nur: 37), perintah melaksanakan salat (Surah al-Jumu’ah: 9), dan tidak berpaling dari mengingat Allah (Surah al-Jumu’ah: 11). Adapun prinsip bisnis dalam Al-Qur’an dapat menguantakan solidaritas sosial karena unsur solidaritas sosial selaras dengan ayat Al-Qur’an tentang prinsip bisnis yaitu keadilan (Surah an-Nur: 37 dan an-Nisa: 29), empati dan kepedulian (Surah an-Nur: 37), zakat (Surah an-Nur: 37), tolong menolong/ta’awun (Surah an-Nur: 37), persaudaraan/ukhuwah (Surah al-Jumu’ah: 9), kebaikan/ihsan (Surah al-Baqarah: 275 dan an-Nisa: 29), dan menghindari sifat egois dan rakus (Surah al-Baqarah: 275 dan an-Nisa: 29). Serta tujuan solidaritas yang selaras dengan prinsip bisnis yaitu kesejahteraan bersama (Surah an-Nur: 37), keadilan ekonomi (Surah al-Baqarah: 275 dan an-Nur 37) dan keberkahan bisnis (Surah an-Nur: 37).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an; Bisnis; Maudhu’i; Solidaritas Sosial
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Indah Indah Siti Saidah
Date Deposited: 08 Sep 2024 07:04
Last Modified: 08 Sep 2024 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95720

Actions (login required)

View Item View Item