Penjenamaan pemerintahan kota : Studi kasus Jenama Kota Bandung

Herdian, Fadya Zalfa (2024) Penjenamaan pemerintahan kota : Studi kasus Jenama Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Penjenamaan pemerintahan kota adalah strategi penting yang digunakan untuk membangun citra positif suatu wilayah. Kota Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki beragam prestasi serta terkenal akan potensi wisatanya. Humas Kota Bandung memiliki peran penting dalam mempertahankan dan mengembangkan identitas kota. Melalui penjenamaan pemerintahan kota, Kota Bandung menjadi wilayah yang menarik untuk dihuni. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pembentukan penjenamaan pemerintahan Kota Bandung yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Humas Kota Bandung. Penelitian menggunakan teori Branding the City as an Attractive Place yang digagas oleh Andrea Insch. Fokus utama penelitian ini adalah mengetahui cara menciptakan identity jenama kota, menentukan nominated outcomes penjenamaan, menyusun strategi communication pesan penjenamaan, dan menentukan upaya coherence penjenamaan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang diterapkan adalah metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penjenamaan pemerintahan kota yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Humas Kota Bandung sesuai dengan konsep Branding the City as an Attractive Place to Live. Pembentukan konsep ini terdiri atas empat tahapan, diantaranya, menciptakan identity jenama kota dengan mensinergikan wewenang Pj. Wali Kota periode 2024 dengan Wali Kota definitif periode 2018-2023 dan memanfaatkan potensi wisata Kota Bandung; menentukan nominated outcomes penjenamaan yaitu upaya meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Bandung dan mempertahankan nilai Kota Bandung sebagai kota wisata; menyusun strategi communication pesan penjenamaan dengan menyesuaikan karakteristik audiens, memanfaatkan media komunikasi dan menyelenggarakan kegiatan offline, dan juga melibatkan sasaran audiens; menentukan upaya coherence penjenamaan dengan monitoring secara internal dengan tim Humas Kota Bandung dan rapat koordinasi antar OPD Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penjenamaan Pemerintahan Kota; City Branding; Humas Kota Bandung; Pemerintah Kota Bandung;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Fadya Zalfa Herdian
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:57
Last Modified: 04 Sep 2024 01:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95739

Actions (login required)

View Item View Item