Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII MTs. Miftahul Falah Gedebage Bandung

Azzahra, Silvia (2024) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII MTs. Miftahul Falah Gedebage Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Hasil studi pendahuuan di MTs. Miftahul Falah diperoleh bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits di kelas VIII itu kurang baik. Oleh karena itu perlu ditingkatkan lagi dalam hal pemilihan model pembelajarannya agar nantinya pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan hasil belajarnyapun akan meningkat. Berdasarkan hasil observasi peneliti di MTs. Miftahul Falah diperoleh bahwa penerapan metode ataupun model ceramah sudah dilaksanakan oleh pendidik di sekolah tersebut pada kelas VIII, peneliti akan mencoba menerapakn model pembelajaran yang belum pernah diterapak di sekolah tersebut yaitu model Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Penerapan model Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pada materi QS. Al-Fajr : 15-18 dan QS. Al-Baqarah : 254 dan 261 tentang Infaq dan Sedekah di kelas VIII Mts. Mifatahul Falah. 2. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa model Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange dapat menigkatkan hasil belajar siswa, karena dengan model ini siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, mampu saling bertukar pikiran dengan teman sejawatnya serta menemukan jawaban dari suatu permasalahan sebuah fakta/soal yang disajikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Lalu analisis data yang digunakan adalah uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas data, uji homogenitas, uji N-gain dan uji hipotesis T. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. Penerapan model Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pada materi QS. Al-Fajr : 15-18 dan QS. Al-Baqarah : 254 dan 261 tentang Infaq dan Sedekah di kelas VIII Mts. Mifatahul Falah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan hasil observasi pembelajaran di kelas eksperimen dengan skor rata-rata yaitu 87,29. 2. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange pada mata pelajaran Al-Quran Hadits termasuk pada kategori sedang dengan sokr N-gain rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 0,54.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning tipe Rotating Trio Exchange; hasil belajar
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: silvia Azzahra Silvia
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:21
Last Modified: 04 Sep 2024 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95955

Actions (login required)

View Item View Item