Putri, Fadilah (2024) Pengaruh kepemimpinan instruksional kepala madrasah terhadap kinerja guru: Penelitian di 3 Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh: masih terdapat beberapa guru yang menggunakan metode pengajaran yang sama secara terus-menerus, tanpa mencoba metode baru atau berbeda, yang dapat mengurangi variasi dalam cara siswa belajar dan menurunkan minat serta motivasi siswa. Dan masih terdapat beberapa guru yang datang terlambat, yang berdampak negatif pada efektivitas proses belajar mengajar dan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Secara keseluruhan, masalah-masalah ini berpotensi mengganggu kualitas pendidikan dan proses belajar mengajar yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kepemimpinan instruksional kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bekasi 2) untuk mengetahui kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Bekasi 3) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, yang berarti bahwa perubahan sebab-akibat yang terjadi tidak dapat dimanipulasi atau dipengaruhi oleh peneliti. Sampel penelitian terdiri dari 59 responden yang dipilih menggunakan teknik random sampling, di mana seluruh populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket atau kuesioner, serta didukung oleh dokumentasi tambahan untuk memperkaya informasi dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan perhitungan pada: (1) Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai kepemimpinan instruksional kepala marasah secara keseluruhan yang diperoleh adalah 3,61. Nilai tersebut termasuk dalam kualifikasi “Tinggi” karena berada dalam rentang interval 3,40-4,19. (2) Berdasarkan hasil perhitungan, bahwa nilai kinerja guru secara keseluruhan yang diperoleh adalah 3,57. Nilai tersebut termasuk dalam kualifikasi “Tinggi” karena berada dalam rentang interval 3,40-4,19. (3) Adapun kepemimpinan instruksional kepala madrasah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yang dibuktikan dengan taraf signifikansi sebesar 0,01 < 0,05 yang menandakan bahwa hipotesis kerja (Ha) yang diajukan diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Selain itu, berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dalam penelitian ini, sebesar 22,2% kepemimpinan instruksional kepala marasah dipengaruhi oleh kinerja guru. Sedangkan sisanya sebesar 77.8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Instruksional; Kinerja Guru; Kepala Madrasah |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Eno siti Irtiyah |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:21 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96271 |
Actions (login required)
View Item |