Nurazizah, Lizza Berliana (2024) Efektivitas bimbingan klasikal dalam meningkatkan pemahaman perilaku seksual islami pada siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari maraknya tingkat perilaku seksual bebas pada remaja. Remaja memiliki tantangan tersendiri dalam perkembangannya terutama dalam perubahan tubuh dan hormonal yang mempengaruhi remaja untuk mengeksplor hal-hal baru yang bersifat menantang. Remaja lebih rentan terhadap perilaku seksual bebas karena usia mereka masih butuh pendidikan mendalam terhadap hal-hal tabu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perubahan pada diri siswa mengenai pemahaman perilaku seksual mereka, apakah ada perubahan atau efek yang siswa rasakan pada saat sebelum dan setelah adanya proses bimbingan klasikal pada siswa SMPN 10 Kota Bekasi. Penelitian ini berlandaskan pada dua teori, yaitu teori abror sodik yang menyatakan bahwa layanan klasikal mengacu pada unsur-unsur dalam bimbingan yang menunjang proses bimbingan dan teori salbiah jersild yang menyatakan bahwa perilaku seksual dilihat melalui empat dimensi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistika non parametrik yaitu uji T berpasangan sebagai sebuah desain penelitiannya. Adapun populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 414 orang siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 203 siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hipotesis alternatif dapat diterima, dengan uji normalitas terlebih dahulu untuk 0,075 Pretest dan 0,200 posttest keduanya lebih besar dari 0,05. Dan nilai signifikan antara pretest dan posttest sebesar 0,003 yang jauh lebih kecil dari tingkat signifikan standar 0,05. Maka, bimbingan klasikal berhasil memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa mengenai berbagai aspek penting dalam perilaku seksual Islami.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Klasikal; Perilaku Seksual Islami; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Lizza Berliana Nurazizah |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:35 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96346 |
Actions (login required)
View Item |