Penerapan metode Gallery Walk untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran PPKn kelas V di madrasah Ibtidaiyah Matla'ul Atfal Kota Bandung

Khoerunnisa, Devi Aulia (2024) Penerapan metode Gallery Walk untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran PPKn kelas V di madrasah Ibtidaiyah Matla'ul Atfal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancaila Kewarganegaraan (PPKn) di kelas V. Hal itu didasarkan pada data terdapat 16 (70%) siswa yang belum mencapai nilai KKM dan sisanya 7 (30%) siswa yang telah mencapai nilai di atas Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penerapan metode dalam pembelajaran yang kurang inovatif. Karena pemilihan metode pembelajaran yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan berpikir tingkat tinggi siswa seperti, pada kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum menerapkan metode gallery walk dalam mata pelajaran PPKn, 2) penerapan metode gallery walk untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran PPKn dan, 3) kemampuan berpikir kreatif setelah menerapkkan metode gallery walk dalam mata pelajaran PPKn. Metode gallery walk merupakan cara penyampaian materi dengan membuat gambar atau bagan dari hasil informasi siswa yang dipelajari dan adanya kegiatan berkunjung ke setiap kelompok untuk melihat hasil karyanya, sehingga menjadikan siswa lebih mudah mengingat dan menilai. Pendekatan penelitian ini menggunakan mix method dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes uraian yang telah disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MI Matla’ul Atfal kelas VA dengan jumlah 23 siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa sebelum diterapkannya metode gallery walk dalam mata pembelajaran PPKn kemampuan berpikir kreatif sangat rendah yaitu dengan nilai rata-rata 53 dan memperoleh nilai ketuntasan belajar 26%. Pada pelaksanaan penerapan metode gallery walk adanya peningkatan aktivitas siswa yaitu pada siklus I tindakan I aktivitas siswa 55% dan guru 66%, tindakan II aktivitas siswa 61% serta guru 66%. Siklus II tindakan I aktivitas siswa 67% dan guru 83%, tindakan II aktivitas siswa 76% serta guru 88%. Setelah di rata-ratakan setiap siklusnya, pada siklus I aktivitas siswa dengan nilai 58% dan aktivitas guru 66% sedangkan siklus II aktivitas siswa 71% serta aktivitas guru 85%. Hasil kemampuan berpikir kreatif siswa terjadinya peningkatan disetiap siklusnya yaitu dibuktikan pada siklus I tindakan I diperoleh hasil nilai rata-rata 60, ketuntasan klasikal sebesar 39% dan tindakan II, nilai rata-rata siswa 67, ketuntasan klasikal 56%. Pada siklus II tindakan I nilai rata-rata yaitu 72, ketuntasan klasikal 73%, kemudian pada tindakan II yaitu nilai rata-rata 75 dan ketuntasan klasikal 82%. Setelah di rata-ratakan setiap siklusnya yaitu siklus I dengan nilai rata-rata 63,5 dan ketuntasan klasikal 47%. Pada siklus II nilai rata-rata 73,5 dan ketuntasan klasikal 77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode gallery walk dalam mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V di MI Matla’ul Atfal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif; Gallery Walk; PPKn
Subjects: Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Devi Aulia Khoerunnisa
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:01
Last Modified: 06 Sep 2024 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96395

Actions (login required)

View Item View Item