Peran guru pembimbing khusus terhadap pengembangan diri siswa berkebutuhan khusus : Penelitian di SMA Muhammadiyah 2 Majalaya Kab. Bandung

Sa'diyah, Nabila Nurul (2024) Peran guru pembimbing khusus terhadap pengembangan diri siswa berkebutuhan khusus : Penelitian di SMA Muhammadiyah 2 Majalaya Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Manusia harus terus mengembangkan diri dalam berbagai aspek seiring dengan perkembangan kehidupan yang berlangsung dari lahir hingga akhir hayat. Pendidikan merupakan faktor penting dalam proses ini dan menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap individu. Setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, memerlukan bimbingan yang sesuai. Anak berkebutuhan khusus, memerlukan program yang dirancang khusus, sehingga di sekolah inklusi peran guru pembimbing khusus sangat penting untuk mendukung pengembangan diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi anak berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah 2 Majalaya, mengidentifikasi peran guru pembimbing khusus dalam pengembangan diri siswa berkebutuhan khusus, menganalisis pelaksanaan pengembangan diri oleh guru tersebut, serta menilai hasil dari pelaksanaan pengembangan diri. Penelitian ini mengacu pada Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (2007), yang mendefinisikan guru pembimbing khusus (GPK) sebagai guru yang memiliki keahlian dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus. GPK berfungsi sebagai fasilitator dan mediator untuk memenuhi kebutuhan siswa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peran guru pembimbing khusus (GPK) di SMA Muhammadiyah 2 Majalaya telah berhasil meningkatkan perkembangan diri siswa berkebutuhan khusus (PDBK) dalam aspek prestasi belajar, kemampuan sosial, dan kemandirian siswa berkebutuhan khusus melalui sistem pendidikan inklusif dan juga menerapkan pendidikan multikultural. GPK berperan penting dalam membantu guru-guru memahami dan mengajar PDBK, komitmen kuat sekolah dalam menyediakan layanan inklusif bagi PDBK yang melibatkan GPK, seluruh guru pengajar, siswa siswi dan orang tua dalam pengembangan diri PDBK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru Pembimbing Khusus; Pengembangan Diri; Sosial-Belajar; Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nabila nurul Sa'diyah
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:10
Last Modified: 06 Sep 2024 07:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96567

Actions (login required)

View Item View Item