Pengembangan instrumen penilaian kognitif untuk mengukur Critical Thinking Skill dan Self Concept Matematis peserta didik

Rahmah, Salsa (2024) Pengembangan instrumen penilaian kognitif untuk mengukur Critical Thinking Skill dan Self Concept Matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)

Abstract

Critical thinking skill peserta didik menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Oleh sebab itu pembelajaran, pengembangan instrumen penilaian kognitif menjadi alternatif agar peserta didik berpikir tingkat tinggi dan menumbuhkan harapan terhadap konsep diri yang ada dalam indikator self concept. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen penilaian kognitif untuk mengukur critical thinking skill dan self concept matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode Research and Development (R&D) dengan model Pengembangan Tessmer yang terdiri dari tahap Preliminary, tahap self evaluation, prototyping, dan field test. Pengembangan instrumen penilaian kognitif ini menghasilkan 12 soal pilihan ganda, 6 soal uraian, dan 15 soal pernyataan angket self concept. Hasil uji validitas dari soal pilihan ganda yaitu 8 soal yang dinyatakan valid, soal uraian 6 soal dinyatakan valid, dan pernyataan angket 11 soal dinyatakan valid. Dapat disimpulkan instrumen penilaian kognitif yang digunakan dapat mengukur critical thinking skill dan self concept matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian Kognitif; Critical Thinking Skill; Self Concept;
Subjects: Education > Statistic of Education
Higher Education, Universities
Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: SALSA RAHMAH
Date Deposited: 07 Sep 2024 16:05
Last Modified: 07 Sep 2024 16:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96678

Actions (login required)

View Item View Item