Pengaruh penggunaan media sosial Instagram @inimahsumedang terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers:Studi penelitian siswa/i kelas XI SMA Negeri 1 Sumedang

Fasya, Shaffanissa Aulia (2024) Pengaruh penggunaan media sosial Instagram @inimahsumedang terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers:Studi penelitian siswa/i kelas XI SMA Negeri 1 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)

Abstract

Masalah penelitian ini, berangkat dari latar belakang penelitian mengenai pengaruh Penggunaan Instagram @inimahsumedang terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratifications yang memusatkan pada khalayak sebagai individu yang aktif dalam menggunakan media (uses) untuk mendapatkan kepuasan (gratification) atas kebutuhannya terhadap suatu informasi. Tujuan penelitian ini (1).Mengetahui seberapa tinggi tingkat penggunaan media sosial Instagram @inimahsumedang pada siswa kelas XI SMAN 1 Sumedang, (2).Mmengetahui seberapa tinggi tingkat pemenuhan kebutuhan informasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumedang, (3).Mengetahui seberapa besar pengaruh Instagram @inimahsumedang terhadap pemenuhan kebutuhuan informasi followers khususnya Siswa/I Kelas XI SMA Negeri 1 Sumedang. Kerangka pemikiran penelitian ini merupakan alur pemikiran hubungan yang dimiliki oleh pengaruh Instagram @inimahsumedang terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers, dengan mengedepankan teori-teori yang ada serta bertujuan mengetahui kekuatan hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Metode penelitian ini menggunakan analisis uji analisis validitas, reliabilitas, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier sederhana, uji t-parsial. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1).hasil pengujian tingkat penggunaan media sosial Instagram @inimahsumedang menunjukkan hasil terkait informasi terkini tentang kegiatan dan acara yang berlangsung di Kabupaten Sumedang, termasuk informasi tentang tempat kuliner, tempat wisata dan event lokal, 2).pengujian ini menunjukkan hasil yang memberikan informasi update setiap hari yang lengkap, maka hal tersebut dapat membuktikan bahwa akun Instagram @inimahsumedang dapat memenuhi pemenuhan kebutuhan informasi followers, 3). Hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti Penggunaan Media Sosial Instagram @inimahsumedang berpengaruh signifikan terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers, adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel X terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Instagram; Kebutuhan Informasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Shaffa shaffanissa fasya
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:22
Last Modified: 09 Sep 2024 00:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97055

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item