Pengaruh penyajian berita pada Reels @narasinewsroom terhadap minat Generasi Z dalam memperoleh informasi : Survei pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi angkatan 2020

Afifah, Sri Rahayu (2024) Pengaruh penyajian berita pada Reels @narasinewsroom terhadap minat Generasi Z dalam memperoleh informasi : Survei pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi angkatan 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang kian pesat melahirkan era disrupsi, dimana berbagai teknologi fisik digantikan oleh teknologi digital. Perubahan ini terjadi dalam setiap aspek kehidupan termasuk media komunikasi. Dalam bidang komunikasi massa muncul istilah new media yang salah satu bagiannya adalah platform media sosial. Saat ini berbagai media massa hampir bisa dipastikan menjadikan media sosial sebagai salah satu media publikasi beritanya. Termasuk Instagram @narasinewsroom yang mendistribusikan berita melalui media sosial di antaranya dalam bentuk video reels yang sajiannya dibuat menarik. Instagram merupakan platform media sosial terfavorit di dunia, dan masyarakat Indonesia cenderung mencari informasi dari media sosial. Dua fakta ini menjadi peluang besar bagi industri media massa untuk dapat menjangkau khalayak lebih banyak. Adapun komposisi penduduk Indonesia saat ini didominasi oleh generasi z. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penyajian berita (immediacy, multimedia, archiving, relationship) terhadap minat generasi z dalam memperoleh informasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification untuk membantu menjelaskan pengaruh penyajian berita pada reels @narasinewsroom terhadap minat generasi z dalam memperoleh informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Berdasarkan perhitungan rumus Slovin, sampel yang diambil sebanyak 91 orang dari total populasi 1018 mahasiswa angkatan 2020 Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden cenderung setuju pada setiap penyataan yang ada pada setiap variabel. Adapun secara simultan variabel penyajian berita pada reels @narasinewsroom berpengaruh sebesar 31% terhadap minat generasi z dalam memperoleh informasi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya pengaruh immediacy pada reels @narasinewsroom terhadap aspek kognitif dan aspek afektif generasi z dalam memperoleh informasi; 2) Adanya pengaruh multimedia pada reels @narasinewsroom terhadap aspek kognitif dan aspek afektif generasi z dalam memperoleh informasi; 3) Adanya pengaruh archiving pada reels @narasinewsroom terhadap aspek kognitif dan aspek afektif generasi z dalam memperoleh informasi; 4) Adanya pengaruh relationship pada reels @narasinewsroom terhadap aspek kognitif dan aspek afektif generasi z dalam memperoleh informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penyajian Berita; Reels Instagram; Minat Gen Z
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sri Rahayu Afifah
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:25
Last Modified: 09 Sep 2024 01:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97112

Actions (login required)

View Item View Item