Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui model pembelajaran Small Group Discussion (SGD) pada peserta didik

Anwar, Iva Farihah (2024) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui model pembelajaran Small Group Discussion (SGD) pada peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah melalui model pembelajaran Small Group Discussion. Penelitian ini bertujuan untuk menilai keterlaksanaan model pembelajaran Small Group Discussion dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik serta kepercayaan diri mereka setelah penerapan model tersebut. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan populasi peserta didik kelas VII. Sampel penelitian yang digunakan yaitu sampel jenuh, terdiri dari kelas VII-A dan VII-B. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pemahaman konsep matematis, serta instrumen tes validitas baik dan reliabilitas tes tergolong tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Small Group Discussion, serta kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kepercayaan diri peserta didik menunjukkan skor rata-rata dengan kategori sedang. Berarti, bahwa Small Group Discussion membantu dalam proses pembelajaran. Keterlaksanaan aktivitas guru dalam model Small Group Discussion juga menunjukkan peningkatan dengan kategori sangat baik pada setiap pertemuan. Secara keseluruhan, model Small Group Discussion memberikan pengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Small Group Discussion
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computers Mathematical Principles
Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Iva Farihah Anwar
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:48
Last Modified: 09 Sep 2024 04:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97174

Actions (login required)

View Item View Item