Puspita, Neng Silvi Restu (2024) Layanan konseling individu untuk meningkatkan Self-Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftar isi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh pentingnya self-efficacy dalam kehidupan akademik siswa. Self-efficacy, atau keyakinan individu terhadap kemampuan diri untuk mencapai tujuan tertentu, memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan akademik siswa. Di SMK Muhammadiyah Majalaya, sejumlah siswa menunjukkan tingkat self-efficacy yang rendah, yang berdampak pada performa akademik dan partisipasi mereka dalam kegiatan sekolah. Rendahnya self-efficacy sering kali terlihat dari kurang kepercayaan diri, ketakutan untuk mengemukakan pendapat, dan kecenderungan untuk menghindari tantangan. Untuk mengatasi masalah tersebut, layanan konseling individu diterapkan dengan tujuan meningkatkan self-efficacy siswa. Konseling individu memberikan pendekatan personal yang memungkinkan konselor untuk lebih memahami kebutuhan dan masalah setiap siswa. Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui kondisi self-efficacy siswa di SMK Muhammadiyah Majalaya 2) untuk mengetahui program layanan konseling individu untuk meningkatkan self-efficacy siswa di SMK Muhammadiyah Majalaya 3) untuk mengetahui hasil dari layanan konseling individu untuk meningkatkan self-efficacy siswa SMK Muhammadiyah Majalaya. Landasan teori yang digunakan meliputi teori konseling individu dengan pendekatan fungsi pemahaman, pencegahan, pengentasan, serta pemeliharaan dan pengembangan, yang dikemukakan oleh Prayitno, serta teori self-efficacy oleh Albert Bandura yang mencakup aspek kognitif, motivasi, selektif, dan seleksi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis dan menjelaskan pelaksanaan program layanan konseling individu yang bertujuan untuk meningkatkan self-efficacy siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Majalaya. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah guru BK serta tiga siswa dari kelas XI OTKP 1 di SMK Muhammadiyah Majalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individu berhasil meningkatkan self-efficacy siswa secara signifikan. Setelah pelaksanaan program, terdapat peningkatan dalam kepercayaan diri siswa, peningkatan partisipasi dalam kegiatan kelas, serta perbaikan dalam kemampuan siswa untuk mengemukakan pendapat dan menghadapi tantangan. Program konseling individu membuktikan keberhasilan dalam membantu siswa mengatasi masalah self-efficacy dan mencapai potensi maksimal siswa dalam konteks akademik dan sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Individu; Self-Efficacy ; Siswa |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Neng Silvi Restu Puspita |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 01:33 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 01:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97191 |
Actions (login required)
View Item |