Rachma, Aulia Salsabila (2024) Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division dan Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SDIT Rancamanyar Islamic School. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Coverr.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrakk.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
3_Daftar Isi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB_I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
||
Text
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
Text
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini terjadi karena adanya permasalahan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI yang masih rendah. Hal ini dikarenakan siswa tidak menguasai materi, kurangnya kerjasama, dan metode pengajaran dari guru. Hasil belajar siswa kelas 3A dan 3B pada mata pelajaran PAI mendapat nilai adalah 65 dengan KKM 75. Dengan demikian, perlu adanya pengembangan model pembelajaran yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI, yaitu model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Student Team Achievement Division dan Course Review Horay pada siswa kelas 3 SDIT Rancamanyar Islamic School, mengetahui adanyapengaruh penerapan model Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar PAI pada kelas 3 SDIT Rancamanyar Islamic School, mengetahui adanya pengaruh dari penerapan model Course Review Horay terhadap hasil belajar PAI pada kelas 3 SDIT Rancamanyar Islamic School, mengetahui perbedaan hasil belajar PAI bagi siswa yang menggunakan model Student Team Achievement Division dan Course Review Horay siswa kelas 3 SDIT Rancamanyar Islamic School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta metode true eksperimental one group pretest-posttest design. Desain eksperimen ini menggunakan pre-test sebelum perlakuan. Dengam demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat Penelitian ini merujuk pada teori STAD Rusman, teori model CRH Hamid dan Aqib, juga berdasarkan teori Hasil belajar menurut Nana Sudjana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Course Review Horay (CRH) dalam pembelajaran PAI menciptakan suasana lebih aktif. Penggunaan model STAD dan CRH sangat berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas 3 SDIT Rancamanyar Islamic School. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan kepada guru untuk mengimplementasikan kedua model tersebut untuk menciptakan suasana belajar yang aktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh; Model STAD; Model CRH: Hasil Belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aulia Salsabila Rachma |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97262 |
Actions (login required)
View Item |