Fauzi, Oki (2024) Pengaruh promosi pasar dan biaya operasional terhadap volume penjualan ikan hasil tangkapan nelayan di Kec. Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (562kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
Abstract
Manajemen pemasaran merupakan bagian yang sangat penting dari manajemen bisnis. Menurut Philip Kotler dalam Sunyoto (2012), pemasaran merupakan suatu siklus sosial dan administratif di mana seorang individu atau suatu kelompok membuat dan memperdagangkan barang dan jasa untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan butuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi pasar (X1) dan biaya operasional (X2) terhadap volume penjualan (Y) ikan hasil tangkapan nelayan di kec. Pangandaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksplanasi. Berdasarkan tingkat analisisnya, penelitian ini berada pada tingkat analisis mikro(individu). Populasi yang digunakan adalah para nelayan yang berjumlah 100 Orang. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, dan uji statistik deskriptif, ujikoefisien determinasi. Adapun untuk ujihipotesis menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa: (1) Peromosipasar berpengaruh terhadap volume penjualan hasil tangkapan ikan nelayan di Kabupaten Pangandaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung yang lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak (5,786>1,984). (2) Kuantitas ikan komersial yang ditangkap nelayan di Kawasan Pangandaran dipengaruhi oleh biaya operasional. Nilai t-hitung yang lebih tinggi dari nilai t-tabel (0,857>1,984) menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa volume penjualan ikan hasil tangkapan nelayan di kawasan Pangandaran sedikit dipengaruhi oleh biaya operasional.(3) Promosi pasar dan biaya operasional secara menyeluruh mempengaruhi volume penjualan ikan hasil tangkapan nelayan di kec. Pangandaran. Hal inidibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 156.340. Apabila nilai F hitung (156,3409) lebih besar dari nilai F tabel (3,090), maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa volume penjualan ikan hasil tangkapan nelayan di kec. Pangandaran dipengaruhi oleh promosi pasar dan biaya operasional. (4) Meskipun koefisien determinasi menentukan komitmen sinkron sebesar 0,763 untuk besarnya dampak faktor promosi pasar (X1) dan biaya operasional (X2) terhadap volume penjualan (Y). Hal ini mengungkap dampak yang baik. Koefisien penentuan volume penjualan (Y) = R2 x 100 persen atau 0,763 x 100 persen = 76,3%; 23,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diketahui. Komitmen serentak faktor pola promosi pasar (X1) dan biaya operasional (X2) terhadap koefisien jaminan volume transaksi penjualan (Y) = R2 x 100 persen atau 0,763 x 100 persen = 76,3%. Kata Kuci: Promosi Pasar, Biaya Operasional, Volume Penjualan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi Pasar; Biaya Operasional; Volume Penjualan |
Subjects: | Administration of Economy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Oki Fauji Oki |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 23:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 23:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97363 |
Actions (login required)
View Item |