Penerapan model Blended Learning berbasis E-LKPD untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi Pokok Teori Kinetik Gas

Nurfalah, Erfin (2024) Penerapan model Blended Learning berbasis E-LKPD untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi Pokok Teori Kinetik Gas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pemanfaatan teknologi dan informasi sebagai penunjang penguasaan konsep peserta didik. Era digital mengharuskan siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran melalui internet, dimana siswa tidak hanya mencari informasi, tetapi juga melakukan pembelajaran secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model Blended Learning berbasis E-LKPD dan peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah diterapkannya model Blended Learning berbasis E-LKPD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Al-Muhajirin Purwakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model Blended Learning berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktvitas guru sebesar 98% dan peserta didik sebesar 96%. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t_hitung pada kelas eksperimen sebesar 7,88 dan t_tabel 2,02 (t_hitung>t_tabel) . Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen dengan nilai N-gain 0,88 dan kelas kontrol dengan nilai N-gain 0,66.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning; Penguasaan Konsep; Teori Kinetik Gas
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Erfin Nurfalah
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:13
Last Modified: 10 Sep 2024 08:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97723

Actions (login required)

View Item View Item