Arif, Rizal (2024) Penerapan metode Design Thinking pada User Experience aplikasi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi Bio Farma. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan membangun rancangan aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Bio Farma dengan metode Design Thinking. Perancangan aplikasi PPID Bio Farma tidak serta merta dapat menjamin penggunaannya yang optimal. Hal ini terkait dengan keberhasilan aplikasi dalam memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang memuaskan. Oleh karena itu, diperlukan peracangan user experience yang baik terhadap aplikasi PPID Bio Farma dengan metode yang tepat. Dalam penelitian ini, dipilih metode Design Thinking dengan lima tahapannya yaitu Emphatize, Difine, Ideate, Prototype, dan Test dalam menitikberatkan pada kepuasan pengguna. Metode ini menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk memperbaiki dan mengurangi resiko kegagalan aplikasi PPID Bio Farma. Design Thinking menawarkan pendekatan yang holistik, berfokus pada pengguna, memperluas jangkauan solusi, mempertimbangkan aspek sosial dan emosional. Tahapan design thinking tersebut dikombinasikan dengan motode lainnya seperti user persona dalam emphatize, customer journey map dalam define, card sorting dalam ideate, dan user experience questionnaire dalam test. Kombinasi ini menghasilkan analisis subjektif secara kuantitatif dengan menghasilkan penilaian dari pengguna yang memberikan predikat “Good” dan “Excellent” pada benchmark UEQ ketika dilakukan pengujian prototype rancangan aplikasi PPID Bio Farma. Hasil tesebut menjadi bukti bahwa rangkaian metode design thinking berhasil memenuhi kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPID; Design Thinking;User Experience; UEQ; Card Sorting; Benchmark |
Subjects: | Data Processing, Computer Science > Computer Science Education Data Processing, Computer Science > Computer and Human |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | rizal arif |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:54 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97750 |
Actions (login required)
View Item |