Indriyanti, Indriyanti (2024) Pengaruh bimbingan parenting terhadap peningkatan kemampuan orang tua dalam membimbing tugas perkembangan moral dan keagamaan: Penelitian pada TK IT Little Moslem Bojongsoang Kabupaten Bandung, TK Labschool UPI Kampus Cibiru Kabupaten Bandung dan RA Syifaaush Shuduur Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftar isi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi bimbingan parenting, bagaimana kondisi kemampuan orang tua dalam membimbing tugas perkembangan moral dan nilai keagamaan, dan mengetahui bagaimana pengaruh pengaruh bimbingan parenting terhadap kemampuan orang tua dalam membimbing tugas perkembangan moral dan nilai keagamaan. Ruang lingkup membahas variabel bimbingan parenting, variabel moderasi (pendidkan, pekerjaan dan hubungan dengan anak) dan variabel kemampuan orang tua dalam membimbing tuga perkembangan moral dan nilai keagamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tekhnik analisis data yaitu analisis regresi moderasi. Penelitian menunjukkan bahwa bimbingan parenting di taman kanak-kanak sangat efektif dalam meningkatkan perhatian, kontrol, dan pengembangan anak, membantu orang tua atau pengasuh menjadi lebih terarah dan mandiri dalam mendukung perkembangan anak.. Orang tua dalam penelitian ini memahami pentingnya perkembangan moral dan nilai keagamaan anak. Parenting dianggap sebagai kerjasama antara orang tua dan anak, mencakup berbagai aspek perkembangan. Kemampuan orang tua membaik dengan bimbingan parenting yang diterima.Pendidikan harus mencakup aspek moral, agama, dan lainnya. namun, ada faktor lain yang juga penting: pertama perspektif pada anak: banyak orang tua melihat anak sebagai miniatur orang dewasa, bukan individu utuh., kedua pola asuh tradisional: beberapa orang tua masih menggunakan metode lama, termasuk hukuman fisik.ketiga disfungsi keluarga: kondisi broken home meningkatkan risiko kekerasan dan keempat faktor budaya: budaya yang permisif terhadap kekerasan dapat mendorong perilaku kasar.Wanita bekerja atau ibu rumah tangga keduanya ada plus minusnya, namun hakikatnya kembali kepada wanita tersebut, karena bekerja/tidak bekerja tidak menjadi jaminan kesuksesan pola asuh ditambah sekarang tekhnologi informasi mudah diakses siapapun tanpa memandang pekerjaan sehingga kemampuan membimbing tugas perkembangan dengan baik bisa dimiliki oleh wanita bekerja atau wanita tidak bekerja (ibu rumah tanga).Anak tinggal dengan orang tua tidak menjamin sukses pola asuh, karena ada yang lengkap juga tidak menjamin jika orang tuanya tidak sehat dalam melakukan pola asuh, ini kembali kepada orang tua bagaimana mereka menerapkan pola asuh dengan baik dan benar secara menyeluruh
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Parenting; Kemampuan Membimbing; Moral Nilai Keagamaan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:49 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97791 |
Actions (login required)
View Item |