Alfarizi, Faisal Sidiq (2024) Strategi pemberitaan radio Reks 103, 7 FM Garut pada program Bianglala Pagi dalam mempertahankan eksistensi di era digital. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi kini kian berkembang seiring berjalannya waktu yang memungkinkan media konvensional seperti radio mulai sepi peminat. Pada kondisi tersebut, radio Reks 103,7 FM mampu mempertahankan eksistensi di era digital ini dengan program unggulannya yaitu Bianglala Pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan radio Reks 103,7 FM Garut pada program Bianglala Pagi sehingga dapat mempertahankan eksistensinya di era digital dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan program dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan berpedoman pada konsep Strategic Management dari Fred R. David terkait perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang membantu dalam menguraikan strategi yang dilakukan oleh radio Reks 103, 7 FM Garut. Teknik pengumpulan data di bagi menjadi dua yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknis analisis data meninjau pada pendekatan Mileas dan Hurbeman dilakukan melalui tiga tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikatn kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi yang dilaukan Radio Reks 103, 7 FM Garut pada program Bianglala Pagi dalam mempertahankan dan bersaing di era digital dilakukan melalui tiga tahapan penting. 1) tahap perencanaan, diawali dengan pengusungan konsep siarannya sebagai wadah aspirasi bagi masyarakat Kabupaten Garut, serta penentuan segmentasi pendengar, pemilihan juga validasi berita, dan kerja sama dengan perusahaan lokal maupun pemerintah. 2) tahap pelaksanaan atau pengaplikasian rencana, dilakukan penyiar selama siaran berlangsung dengan memilih informasi yang disampaikan pendengar berdasarkan kebutuhan penyiar dan pemanfaatan media online untuk promosi program. 3) tahap evaluasi, tidak dilakukan secara rutin melalui rapat, tetapi dilakukan secara mandiri oleh penyiar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Bianglala Pagi; Radio Reks; Era Digital |
Subjects: | Communications Telemunications > Radio Broadcasting General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Faisal Sidiq Alfarizi |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 00:09 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 00:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97792 |
Actions (login required)
View Item |