Rahmah, Nadiya Firda (2024) Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbantuan Geometryx untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan curiosity matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir reflektif matematis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa untuk dapat memecahkan masalah dan memahami konsep matematika secara mendalam. Namun, pada kenyataan di lapangan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa masih tergolong rendah sehingga masih perlu ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa serta mengetahui pencapaian Curiosity siswa melalui penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) yang berbantuan aplikasi Geometryx. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 23 Jakarta pada siswa kelas VIII-1 dan VIII-5, di mana kelas VIII-1 dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) mengalami peningkatan yang termasuk dalam kategori sedang, kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional mengalami peningkatan yang termasuk dalam kategori sedang, peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan pencapaian Curiosity siswa yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Connected Mathematics Project; Curiosity; Geometryx; Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nadiya Firda Rahmah |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 00:33 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 00:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97797 |
Actions (login required)
View Item |