Husein, Mazdulina Auliya (2024) Penerapan model Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Quizizz Pada Mata pelajaran PAI Dan Budi Pekerti: penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah 10 Bandung menggunakan model snowball throwing. Pembelajaran dilakukan dengan baik dan maksimal sesuai dengan pedoman RPP, dengan langkah-langkah pembelajaran, yaitu: 1) guru menyampaikan materi ajar, 2) siswa berdiskusi lalu menuliskan satu pertanyaan di kertas yang disajikan, 3) kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain, 4) siswa secara bergantian diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dengan penggunaan model ini menjadikan SMP Muhammadiyah termasuk dalam sekolah favorit yang banyak diminati. Namun apabila pembelajaran snowball throwing digunakan secara terus menerus akan menyebabkan kebosanan. Dengan demikian penulis mencoba membandingkan dengan model make a match, perbandingan ini dilakukan untuk mencari alternatif pembelajaran mana yang lebih baik digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses penerapan model Make a pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. (2) Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model Make a Match dengan menggunakan Quizizz. (3) Sikap siswa terhadap pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang menerapkan model Make a Match. Penelitian ini didasarkan pada teori yang mengatakan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat mendorong keaktifan serta meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ini efektif digunakan karena dapat mempengaruhi aktivitas belajar yang lebih menyenangkan, serta dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, uji tingkat kesukaran, analisis deskriptif, normalitas, homogenitas, independent t test, N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) proses penerapan model Make a Match berada pada kategori “Baik”. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata sebesar 92%. (2) terdapat perbedaan tingkat pemahaman siswa antara kelas eksperimen dan kontrol, yang ditandai dengan perbedaan yang signifikan dari rata-rata yang diperoleh yaitu kelas eksperimen sebesar 81,88 dan kelas kontrol sebesar 73,54. (3) Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran PAI mendapatkan nilai rata-rata sebesar 91,3% dengan kategori “Baik”.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Make a Match; Quizizz; Hasil Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mazdulina Auliya Husein |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 00:45 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 00:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97806 |
Actions (login required)
View Item |