Model Number Heads Together (NHT) berbantuan media Math Problem Cards untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMPN 18 Bandung

Sabila, Syifa Nurul Ismie (2024) Model Number Heads Together (NHT) berbantuan media Math Problem Cards untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMPN 18 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dan dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Namun, pada kenyataannya di lapangan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih dalam tingkatan rendah dan harus ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran Number Heads Together (NHT) berbantuan media Math Problem Cards. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 18 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas VII-6 sebagai kelas kontrol dan VII-8 sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument tes dan non-tes. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa : (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media Math Problem Cards mengalami peningkatan yang termasuk kategori tinggi. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model ekspositori mengalami peningkatan dalam kategori sedang. (3) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model NHT berbantuan Math Problem Cards lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. (4) Respon siswa dengan pembelajaran model NHT berbantuan Math Problem Cards dikategorikan dengan Baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Model Number Heads Together (NHT); Math Problem Cards
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Syifa Nurul Ismie Sabila
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:54
Last Modified: 11 Sep 2024 02:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97866

Actions (login required)

View Item View Item