Penerapan model pembelajaran Market Place Activity untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung

Kurniawati, Lilis (2024) Penerapan model pembelajaran Market Place Activity untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan terkait pelaksanaan pembelajaran dalam kelas, metode yang biasa digunakan guru adalah diskusi. Metode diskusi yang terus menerus diterapkan kepada siswa yang terjadi adalah rasa mengantuk, bosan, dan kurangnya konsentrasi selama pembelajaran.. Hal ini memengaruhi pada hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah, termasuk pada ranah kognitif. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang di dalam pelaksanaannya menerapkan model pembelajaran Market Place Activity. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Rukhsah: Kemudahan dari Allah Swt. dalam beribadah kepada-Nya di SMP Muhammadiyah 10 Bandung. (2) Mengetahui Hasil Belajar Kognitif Siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Rukhsah: Kemudahan dari Allah Swt. dalam beribadah kepada-Nya dengan menggunakan Model Pembelajaran Market Place Activity di SMP Muhammadiyah 10 Bandung.(3) Mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Market Place Activiy terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Rukhsah: Kemudahan dari Allah Swt. dalam beribadah kepada-Nya di SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa model pembelajaran Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, karena merupakan pembelajaran aktif interaktif yang mampu meningkatkan daya ingat siswa dan melatih siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperimen desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Market Place Activity dapat meningkatakan hasil belajar kognitif siswa dengan persentase sebesar 83% pada pertemuan pertama, 90% pada pertemuan kedua, dan 96% pada pertemuan ketiga (2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa termasuk pada katagori sedang dan cukup efektif dengan nilai ratarata pretest 50,96 dan rata-rata posttest 83,08 lalu nilai N-Gain 67,18%. (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran market place activity terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan peningkatan sebesar 34,12.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Market Place Activity; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilis Kurniawati Lilis
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:19
Last Modified: 11 Sep 2024 04:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97892

Actions (login required)

View Item View Item