Strategi pemasaran terhadap minat jemaah haji dan umrah: Studi deskriptif pada kegiatan pemasaran Travel PT. Dago Wisata Internasional Kota Bandung

ALAMSYAH, RIFKI NUR (2024) Strategi pemasaran terhadap minat jemaah haji dan umrah: Studi deskriptif pada kegiatan pemasaran Travel PT. Dago Wisata Internasional Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB l)
4_Bab 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB ll)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lll)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BABlV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

PT. Dago Wisata Internasional Kota Bandung bergerak di bidang Travel biro perjalanan menyediakan berbagai macam produk paket perjalanan umrah-haji dan pariwisata. Untuk saat ini, sudah banyak perusahaan Travel yang beredar di pasaran menawarkan produk paket perjalanan yang hampir sama membuat konsumen semakin sulit dalam memutuskan membeli produk. Untuk itu perusahaan harus mengembangkan produk yang lebih bervariasi berdasarkan minat atau permintaan konsumen dan memperbaiki kualitas setiap produk yang dikeluarkan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran dalam menarik minat calon jemaah haji yang digunakan di PT. Dago Wisata Internasional Kota Bandung. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat di PT. Dago Wisata Internasional Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori bauran pemasaran (marketing mix) menurut Kotler dan Armstrong, merupakan variabel-variabel terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan. Hasil Penelitian ini, untuk menarik minat jemaah perlu dilakukannya suatu strategi, maka strategi yang digunakan yaitu strategi bauran pemasaran yang digunakan PT Dago Wisata Internasional Kota Bandung meliputi penerapan strategi bauran pemasaran 4p meliputi produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan tempat atau saluran distribusi (place). Produk PT. Dago Wisata menyediakan produk paket yang bervariasi berdasarkan minat konsumen. Harga pada paket produk tersebut ada kelas ekonomis dan exclusive. Promosi, PT Dago Wisata Internasional Kota Bandung melakukan broadcast atau siaran singkat kepada alumni yang sudah umrah. Selain itu promosi tersebut dilakukan dengan menjaring jemaah-jemaah baru ke beberapa instansi yang sudah bekerja. Untuk tempat PT. Dago Wisata sudah strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. Adapun faktor pendukungnya PT. Dago Wisata serba menggunakan teknologi E-hajj dari mulai administrasi, informasi maupun komunikasi. Faktor penghambatnya ialah saingan yang semakin banyak dan jangkauan yang dicakup belum sepenuhnya. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Haji dan Umrah Travel, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran; Haji dan Umrah Travel; Strategi Pemasaran
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Rifki Nur Alamsyah
Date Deposited: 12 Sep 2024 00:06
Last Modified: 12 Sep 2024 00:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98031

Actions (login required)

View Item View Item