Implementasi program layanan Samsat Keliling dalam penerimaan pajak kendaraan bermotor pada pusat pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Bandung III Soekarno-Hatta

Fitri, Alya (2024) Implementasi program layanan Samsat Keliling dalam penerimaan pajak kendaraan bermotor pada pusat pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Bandung III Soekarno-Hatta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara tertinggi yang terdiri dari pajak pusat dan pajak daerah. Salah satu jenis pajak daerah yang memiliki potensi yang tinggi di Kota Bandung ialah Pajak Kendaraan Bermotor. Dalam usaha meningkatkan penerimaan pajak pada PPPD Wilayah Kota Bandung III Soekarno Hatta melakukan berbagai inovasi program layanan salah satunya program layanan Samsat Keliling. Dalam pelaksanaannya masih dikatakan belum sepenuhnya optimal dimana terjadinya penurunan penerimaan pajak meskipun jumlah kendaraan bermotor yang meningkat yang salah satunya disebabkan oleh covid-19 dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan program layanan samsat keliling dalam hal Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi dan Struktur Birokrasi pada Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Bandung III Soekarno Hatta. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program layanan samsat keliling sudah terlakasana dengan baik dalam komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasinya, meskipun ada beberapa aspek yang belum sepenuhnya maksimal, hal itu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kurangnya strategi komunikasi dalam sosialisasi terhadap wajib pajak, sarana dan prasarana yang masih kurang, serta kurangnya variasi dalam penempatan lokasi samsat keliling sehingga belum menjangkau keseluruhan wilayah Kota Bandung III. Maka dari itu, PPPD Wilayah III Soekarno Hatta harus tetap melakukan upaya dalam meningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor dengan meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat mengenai program layanan samsat keliling melalui strategi komunikasi dalam sosialisasi yang lebih efektif dan lebih meluas, meningkatkan fasilitas sarana dan prasarananya sehingga menjadi lebih baik lagi, serta memperluas jaringan lokasi layanan samsat keliling ke beberapa tempat atau event tertentu sehingga dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Samsat Keliling; Pajak Kendaraan Bermotor
Subjects: Public Finance
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Alya Fitri
Date Deposited: 12 Sep 2024 00:24
Last Modified: 12 Sep 2024 00:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98057

Actions (login required)

View Item View Item