Purnasari, Martina (2024) Implementasi pembelajaran mata pelajaran Tahsin dan Tahfidz Qur’an (T2Q) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada aspek akhlak: Penelitian di SD Garut Islamic School Prima Insani. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover watermark.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK watermark.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI WATERMARK FIX.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I wm.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
BAB II wm.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV wm.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
Bab V wm.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA wm.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Al-Qur’an yang merupakan inti dan dasar dari ajaran agama Islam, seharusnya menjadi prioritas karena Al-Qur’an mencakup seluruh elemen yang ada didalam pembelajaran PAI. Sekolah, sebagai lembaga pendidikan, berusaha secara terus-menerus untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi, khususnya dalam memperkuat dimensi spiritual siswa. Upaya tersebut tidak hanya terbatas pada penyampaian materi keagamaan seperti yang diajarkan dalam pembelajaran agama, tetapi juga melibatkan penambahan atau penyelenggaraan program-program lain yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan agama Islam dalam hal ini ialah Program T2Q. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Tahsin dan Tahfidzul Qur'an (T2Q) di SD Garut Islamic School Prima Insani dan hasil pembelajaran PAI dari aspek akhlak setelah implementasi T2Q. Teori besar yang digunakan dalam pembelajaran T2Q adalah teori pembelajaran konstruktivis yakni kerangka pemikiran dalam bidang pendidikan yang menekankan pada peran aktif siswa dalam konstruksi pengetahuan mereka sendiri. Konstruktivisme menyatakan bahwa pembelajaran lebih efektif ketika siswa secara aktif terlibat dalam proses konstruksi pengetahuan mereka sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai tehnik pengumpulan data diperoleh dari sumber utama, yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). pembelajaran T2Q di SD Garut Islamic School Prima Insani direncanakan dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk guru dan kepala sekolah. 2). Pelaksanaan pembelajaran T2Q menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memastikan efektivitas proses belajar mengajar, dengan tantangan utama berupa penyesuaian rencana pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. 3). Evaluasi keberhasilan penerapan T2Q dilakukan melalui rapat evaluasi dan dokumentasi hasil belajar siswa, dengan fokus pada perkembangan akhlak dan akademis siswa,4) efektivitas implementasi pembelajaran T2Q dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan aspek akhlak dalam konteks Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahsin dan Tahfidzul Qur'an; pembelajaran; evaluasi; kualitatif; SD Garut Islamic School Prima Insani; akhlak |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Martina Purnasari |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:38 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98107 |
Actions (login required)
View Item |