Haz, Anti Febrianti Lailatul (2024) Penerapan metode Al-Qawaid wa Al-Tarjamah menggunakan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab : Penelitian tindakan kelas, di kelas III MI Cihuni, Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang terjadi di kelas III MI Cihuni adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa dari 27 siswa hanya 4 orang siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dengan perolehan hasil nilai rata-rata siswa yaitu sebesar 44,9 dengan persentase siswa yang belum tuntas sebesar 85,19%. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh siswa yang kurang bersemangat mengikuti pembelajaran mudah bosan selama proses pembelajaran sehingga sulit bagi mereka untuk paham pada pembelajaran yang diberikan oleh guru, karena metode pembelajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode Al-Qawaid wa Al-Tarjamah menggunakan media gambar di kelas III. Penelitian ini dilakukan di kelas III MI Cihuni dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua tindakan, dalam setiap tindakan terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi pada setiap siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis dan lembar observasi guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III sebelum diterapkan metode Al-Qawaid wa Al-Tarjamah menggunakan media gambar memperoleh nilai rata-rata sebesar 44,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 14,81%. Pada pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan metode Al-Qawaid wa Al-Tarjamah menggunakan media gambar terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya. Aktivitas guru selama Siklus I tindaka I sebesar 66,7% dan tindakan II sebesar 75% dengan kategori baik, pada Siklus II tindakan I sebesar 83,3% dan tindakan II sebesar 91,7% dengan kategori baik sekali. Kemudian untuk aktivitas siswa pada siklus I tindakan I sebesar 64,81% dan tindakan II sebesar 75,92% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa tindakan I sebesar 83,77% dan tindakan II sebesar 89,33% dengan kategori baik sekali. Hasil perolehan nilai hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Al-Qawaid wa Al-Tarjamah menggunakan media gambar juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata 60,74 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40,74% dengan kategori kurang. pada Siklus II meningkat menjadi 70 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 77,77% dengan kategori baik. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil rata-rata siswa mencapai ≥ 65 sesuai dengan KKM dan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai ≥ 75%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Al-Qawaid wa Al-Tarjamah menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III MI Cihuni
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode; Media; Hasil Belajar |
Subjects: | Christianity > Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Anti Febtianti Lailatul Haz |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:56 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98135 |
Actions (login required)
View Item |