Penerapan strategi pembelajaran Flipped Classroom-Problem Based Learning berbantuan Edublogs untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi

Rahayu, Hera Nurfitri (2024) Penerapan strategi pembelajaran Flipped Classroom-Problem Based Learning berbantuan Edublogs untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

Pendidikan di abad-21 menuntut berbagai keterampilan yang perlu dimiliki peserta didik, salah satunya keterampilan berpikir kritis. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan dan perbedaan peningkatan berpikir kritis peserta didik yang menerapkan strategi flipped classroom-problem based learning berbantuan edublogs dan model discovery learning pada materi gelombang bunyi. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu pemilihan sampel secara acak. Keterlaksanaan pembelajaran strategi flipped classroom-problem based learning berbantuan edublogs dan model discovery learning dinilai melalui lembar observasi. Teknik analisis data mencakup uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji hipotesis menggunakan independent sample t-test, dan uji N-Gain. Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik dinilai melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran menggunakan strategi flipped classroom-problem based learning diperoleh sebesar 88,51%. Adapun perbedaan peningkatan berpikir kritis peserta didik berdasarkan uji N-gain menunjukkan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 0,71 dan kelas kontrol sebesar 0,60 sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi flipped classroom-problem based learning berbantuan blog terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir krtis diabndingkan dengan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom; gelombang bunyi; keterampilan berpikir kritis
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Hera Nurfitri Rahayu
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:19
Last Modified: 12 Sep 2024 06:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98239

Actions (login required)

View Item View Item