Pengaruh berpikir positif dan regulasi emosi terhadap stres akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Mahbub, Tiara Martiani (2024) Pengaruh berpikir positif dan regulasi emosi terhadap stres akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa rentan mengalami stres akademik yang disebabkan oleh tuntutan pendidikan yang tinggi, seperti beban kuliah, kompetisi kelas, dan masalah keuangan. Stres ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan prestasi akademik mereka. Dalam mengelola stres, strategi seperti berpikir positif dan keterampilan regulasi emosi diharapkan dapat mengurangi dampak stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara berpikir positif dan regulasi emosi terhadap stres akademik. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Subjek penelitian yaitu 100 mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa aktif UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020. Kuesioner yang digunakan terdiri dari tiga skala ukur yaitu skala berpikir positif, regulasi emosi, dan stres akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara berpikir positif dan regulasi emosi terhadap stres akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: berpikir positif; regulasi emosi; stres akademik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Building for Educational and Research Purposes
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Tiara Martiani Mahbub
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:38
Last Modified: 13 Sep 2024 07:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98316

Actions (login required)

View Item View Item