Penerapan model pembelajaran Read, Observe, Auditory, Review (ROAR) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan Self-Efficacy siswa

Aryati, Nabila (2024) Penerapan model pembelajaran Read, Observe, Auditory, Review (ROAR) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan Self-Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
3_daftarisi.pdf
Restricted to UNSPECIFIED

Download (117kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih perlu ditingkatkan, hal ini didukung dari hasil studi pendahuluan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan model pembelajaran ROAR; 2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran ROAR dan konvensional; 3) self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran ROAR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh kelas VIII SMP Mathla’ul Anwar dan sampel yang terpilih pada dua kelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan validitas sedang dan relibilitas tinggi serta angket self-efficacy siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) siswa mampu mengikuti alur pembelajaran matematika pada pembelajaran ROAR dengan baik; 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa antara yang menggunakan model pembelajaran ROAR dan konvensional; 3) self-efficacy siswa yang menggunakan model pembelaaran ROAR menunjukkan sikap positif, artinya siswa memiliki self-efficacy yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Model Pembelajaran ROAR; Self-Efficacy Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nabila Aryati
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:18
Last Modified: 17 Sep 2024 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98492

Actions (login required)

View Item View Item