Konseling individu dengan pendekatan Islami untuk mengembangkan sikap positif siswa kelas IX : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cileunyi Jalan Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Fauziah, Adilah Nur (2024) Konseling individu dengan pendekatan Islami untuk mengembangkan sikap positif siswa kelas IX : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cileunyi Jalan Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Sikap positif merupakan suatu kepercayaan yang dapat meningkatkan prestasi melalui proses-proses pemikiran yang optimis. Pentingnya sikap positif bagi siswa dapat menjadi cerminan bagi suatu hasil dari tata tertib sekolah yang berhasil dipatuhi oleh siswa-siswinya atas kesadaran yang telah tumbuh dalam dirinya, sehingga pada akhirnya menghasilkan para peserta didik yang disiplin. Dengan bersikap positif terhadap stimulus yang ada seperti halnya dalam mematuhi tata tertib di sekolah akan menjadikan aturan tersebut dilakukan dengan mudah dan tidak secara terpaksa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program yang direncanakan, faktor pendukung dan penghambat yang ditemui saat berjalannya program, dan hasil dari program konseling individu dengan pendekatan Islami untuk mengembangkan sikap positif pada siswa kelas IX di SMPN 3 Cileunyi. Konseling individu dengan pendekatan Islami menggunakan teori al- Mau’izhah al-Hasanah, pada penelitian ini diharapkan dapat membantu menumbuhkan kesadaran serta meningkatkan sikap positif pada siswa sesuai dengan nilai-nilai keagamaan. Tujuan menggunakan konseling individu yaitu layanan ini dapat mencari informasi lebih dalam pada siswa yang sedang bermasalah dan siswa dapat mengungkapkan permasalahannya secara terbuka. Metode pada penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Digunakannya metode tersebut karena peniliti akan menjelaskan tentang suatu fenomena yang ditemuinya. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat keberhasilan dalam pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan Islami untuk mengembangkan sikap positif pada siswa kelas IX di SMPN 3 Cileunyi, yang ditandai dengan perkembangan siswa terhadap aspek sosial yang terdapat di sekolah yaitu siswa mampu disiplin terhadap waktu yang semula siswa tidak dapat mengatur waktu untuk mengerjakan tugas rumah dan tugas sekolah, bertanggung jawab terhadap perbuatan yang telah dilakukannya yang semula mengabaikan tata tertib atau peraturan yang terdapat di sekolah, santun dalam bersikap, jujur dalam perkataan, peduli sesama teman, dan percaya diri sendiri dalam melakukan hal-hal yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Pendekatan Islami; Sikap Positif Siswa Kelas IX
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Adilah Nur Fauziah
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:12
Last Modified: 17 Sep 2024 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98530

Actions (login required)

View Item View Item