Manajemen strategi zakat fitrah dkm masjid dalam meningkatkan nilai zakat : Studi deskriptif di Masjid I’Anatut Tholibin, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi

Ramadhan, Ruhul Anwar Wildan (2024) Manajemen strategi zakat fitrah dkm masjid dalam meningkatkan nilai zakat : Studi deskriptif di Masjid I’Anatut Tholibin, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang bertujuan untuk menyucikan harta dan membantu mereka yang membutuhkan. Di Masjid I'Anatut Tholibin, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, pengelolaan zakat fitrah menjadi tanggung jawab Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), yang memainkan peran penting dalam memastikan pengumpulan dan distribusi zakat dilakukan secara tepat dan efektif. Mengingat meningkatnya kebutuhan masyarakat dan pentingnya optimalisasi pengumpulan zakat, DKM Masjid I'Anatut Tholibin perlu menerapkan manajemen strategi yang efektif. Strategi ini meliputi pengamatan, perumusan, implementasi, evaluasi dan pengendalian yang masih akan memberikan hasil yang positif saat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara factual mengenai manajemen strategi zakat fitrah DKM masjid dalam meningkatkan nilai zakat di Masjid I'Anatut Thalibin Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, yang dilihat dari proses pengamatan, perumusan, implementasi, evaluasi dan pengendalian. Teori yang digunakan oleh penulis diambil dari teori manajemen strategi (Hunger dan Wheelen) yang menjelaskan bahwa pentingnya proses yang terstruktur pada manajemen strategi dalam perencanaan dan implementasi strategi organisasi. Penerapan teori ini dapat membantu dalam merancang dan melaksanakan strategi yang efektif untuk meningkatkan nilai zakat yang terkumpul dan didistribusikan, serta memastikan dalam pengelolaan yang transparan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengurus DKM Masjid, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait pengelolaan zakat fitrah. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa kurangnya optimal serta pemahaman yang mendalam mengenai manajemen strategi untuk merancang dan melaksanakan suatu strategi yang efektif dalam meningkatkan nilai zakat pada DKM masjid I`Anatut Thalibin. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas nilai zakat fitrah pada manajemen strategi, antara lain mengadakan pelatihan bagi pengurus serta amil zakat mengenai pengelolaan zakat fitrah dan berkolaborasi dengan lembaga sosial dan pemerintah yang berkaitan dengan zakat fitrah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Zakat Fitrah; DKM
Subjects: Islam
Islam > Mosques
Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fitrah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Mal
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruhul Anwar Wildan Ramadhan
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:16
Last Modified: 17 Sep 2024 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98627

Actions (login required)

View Item View Item