Pengaruh penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 dan 3 Kab Bandung

Gustina, Gina (2024) Pengaruh penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 dan 3 Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
9_daftarpustaka.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan telah menjadi topik yang semakin relevan dan penting untuk dikaji. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa implementasi TIK dalam proses pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas kinerja guru. Oleh karena itu, dalam konteks madrasah tsanawiyah negeri 1 dan 3 Kabupaten Bandung, perlu dilakukan penelitian yang mendalam mengenai pengaruh penggunaan Teknoligi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap kinerja guru di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajarn di Lembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 dan 3 Kabupaten Bandung; (2) mengetahui Kinerja Guru di Lembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 dan 3 Kabupaten Bandung; (3) menganalisis pengaruh penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 dan 3 Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket terhadap 91 responden. Analisis data yang dilakukan meliputi uji coba instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji analisis statistik (analasis parsial per indikator dan interpretasinya), uji prasyarat (uji normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (uji korelasi dan uji koefisien determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukan perhitungan pada: (1) Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (X) berada di kualifikasi sangat tinggi yaitu 3,37 karena terdapat pada rentang interval 3,25-4,00, (2) Kinerja Guru (Y) berada pada kualifikasi sangat tinggi yaitu 3,40 karena terdapat pada rentang interval 3,25-4,00, (3) berdasarkan hasil uji signifikansi statistik T-test sebesar 0,000 < 0,05 dan diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 3,766 > 1,676. Yang berarti HI diterima atau terdapat pengaruh secara parsial diantara penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (X) terhadap kinerja guru (Y). Hal ini dibuktikan juga dengan pengujian koefisien determinasi dengan perolehan nilai sebesar 0,371 atau di presentasikan 13,7% dan selebihnya 86,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); Kinerja Guru
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gina Gustina Yuna
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:14
Last Modified: 20 Sep 2024 06:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98639

Actions (login required)

View Item View Item