Anggraeni, Hermastuti Nurul (2024) Brand identity PT Liza Indah Sukses dalam dimensi eksternal melalui instagram @coffee.and.couple. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (368kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
Abstract
PT Liza Indah Sukses melalui unit bisnis kuliner kafe bernama Coffee & Couple merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan konsep Brand Identity Prism dari Kapferer melalui media sosial Instagram dengan nama akun @coffee.and.couple. Seorang praktisi Humas masa kini dapat menjadi Digital Marketer sebagai ujung tombak perusahaan dalam memproduksi konten media sosial untuk selanjutnya menarik perhatian para konsumen dan pada akhirnya menjadi pelanggan tetap sebuah perusahaan. Hal ini merupakan salah satu bentuk brand identity yang dilakukan di media sosial berupa Instagram. Konten yang diunggah ke media sosial @coffee.and.couple melewati proses yang panjang sebelum akhirnya dapat dinikmati oleh pengikut serta pengguna media sosial Instagram. PT Liza Indah Sukses memiliki tim khusus untuk menangani strategi pemberitaan melalui media sosial Instagram dan media sosial lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan ketiga unsur pada dimensi Externalisation pada konsep Brand Identity Prism milik Kapferer. Tim Divisi Digital Marketing pada PT Liza Indah Sukses melakukan beberapa hal yang ada pada unsur Brand Identity Prism oleh Kapferer berupa Unsur Fisik, Unsur Hubungan, dan Unsur Refleksi. Konsep dalam penelitian ini menggunakan Brand Identity Prism. Konsep ini digunakan karena sesuai dengan situasi dan kondisi PT Liza Indah Sukses dalam memproduksi konten media sosial Instagram @coffee.and.couple. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan pendekatan interpretif, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif serta pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa brand identity dilakukan dengan baik melalui media sosial Instagram akun @coffee.and.couple melalui ketiga unsur dari dimensi externalisation yaitu unsur fisik, unsur hubungan, dan unsur refleksi. 1) Unsur fisik terdiri dari penjelasan mengenai a) filosofi logo, b) SOP penggunaan font pada konten media sosial, dan c) ikon Coffee & Couple dan penggunaannya. 2) Unsur hubungan terdiri dari penjelasan mengenai a) panggilan khusus bagi loyal customer, b) program loyal customer, dan c) tantangan dalam membangun relasi dengan customer. 3)Unsur refleksi terdiri dari penjelasan mengenai a) segmentasi market perusahaan dan b) program- program yang merepresentasikan segmen market perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa PT Liza Indah Sukses melalui unit bisnis Coffee & Couple melakukan brand identity pada dimensi eksternal dengan konsep brand identity prism sesuai dengan sebagaimana yang disampaikan oleh Kapferer. Kata kunci: Brand Identity Prism, Dimensi Eksternal, Instagram @coffee.and.couple.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand identity; dimensi eksternal; instagram |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Hermastuti Nurul Anggraeni |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 03:28 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 03:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98643 |
Actions (login required)
View Item |