Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berbantu Wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan

Awaliyah, Alia (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berbantu Wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy

Abstract

Model dan media pembelajaran yang digunakan tentu berpengaruh pada aktivitas belajar siswa. Apabila guru menggunakan model pembelajaran yang tepat, maka akan memengaruhi minat belajar siswa sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini ialah bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan dan tanpa model pembelajaran scramble berbantu wordwall, menganalisis hasil belajar kognitif siswa, menganalisis pengaruh model pembelajaran scramble, serta mengetahui respon siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimental design dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dikelas eksperimen mencapai kriteria sangat baik, sebesar 99,5% pada aktivitas guru, 97,5% pada aktivitas siswa, pun dikelas reguler keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa mencapai kriteria sangat baik, sebesar 91,5% pada aktivitas guru, 90,5% pada aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai n-gain sebesar 0,67 (sedang). Dari hasil uji t menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Diperkuat dengan perolehan uji effect size sebesar 2,03 (sangat besar) dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran sebesar 80,3 (sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble berbantu wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble; Perubahan Lingkungan; Wordwall
Subjects: Education
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Alia Awaliyah
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:50
Last Modified: 18 Sep 2024 02:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98676

Actions (login required)

View Item View Item