Pengembangan E-Module Berbasis Sophisticated Thinking Blended Laboratory (STB-LAB) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada materi elastisitas dan hukum hooke

Indrawan, Ivana Sylvi (2024) Pengembangan E-Module Berbasis Sophisticated Thinking Blended Laboratory (STB-LAB) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada materi elastisitas dan hukum hooke. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media e-module berbasis Sophisticated Thinking Blended Laboratory (STB-LAB) dilakukan untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Penggunaan e-module berbasis STB-LAB diharapkan dapat mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami konsep fisika yang kompleks serta meningkatkan KBK peserta didik. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu; (1) Kelayakan e-module berbasis STB LAB; (2) Keterlaksanaan kegiatan laboratorium berbasis STB-LAB dengan penilaian AABTLT with SAS; dan (3) Peningkatan KBK peserta didik setelah penggunaan e-module berbasis STB-LAB pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Metode pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dari 32 peserta didik melalui tes KBK sebelum dan setelah penggunaan e-module. Analisis data meliputi uji normalitas metode Shapiro-Wilk dengan uji hipotesis independent sample t-test. Pengembangan e-module berbasis STB-LAB menggunakan model ADDIE telah divalidasi dengan sangat baik oleh ahli media, ahli materi, dan guru fisika, dengan koefisien validitas 1, menunjukkan kelayakan yang sangat tinggi. Pembelajaran di kelas XI IPA 2 MA Al-Haddad menggunakan AABTLT with SAS menunjukkan keterlaksanaan sebesar 85,42%, dengan kriteria sangat baik. Penggunaan e-module berbasis STB-LAB dalam laboratorium pada materi elastisitas dan hukum Hooke meningkatkan KBK peserta didik dengan n-gain pretest-posttest sebesar 0,44. Persiapan yang baik pada e-module ini dapat mengurangi kebingungan peserta didik dalam memahami prosedur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik; Kegiatan Laboratorium; Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis; STB-LAB
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ivana Sylvi Indrawan
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:07
Last Modified: 23 Sep 2024 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98694

Actions (login required)

View Item View Item